Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perpusnas Hadir Di The Leaders’ Conversations 2021

Selasa, 2 November 2021 15:54 WIB
Diskusi panel The Leaders` Conversations 2021. (Foto: Dok. Perpusnas)
Diskusi panel The Leaders` Conversations 2021. (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menjadi salah satu tamu spesial diskusi panel dalam The Leaders’ Conversations 2021. Kegiatan bertema “Masterplans of Libraries and Archives” ini digelar Federasi Internasional Asosiasi dan Lembaga Perpustakaan (IFLA) Kantor Regional untuk Asia dan Oseania dan National Library Board (NLB) Singapore, secara virtual, Senin (1/11).

Dalam sambutannya, Presiden IFLA Barbara Lison mengatakan, pihaknya memiliki empat arah strategis untuk periode 2019-2024. Pertama, memperkuat suara dunia tentang pentingnya perpustakaan. Kedua, cara menginspirasi dan meningkatkan praktik profesional. Ketiga, menghubungkan dan memanfaatkan bidang perpustakaan. Keempat, membahas optimalisasi organisasi perpustakaan di seluruh dunia.

“IFLA mencoba untuk menjalankan keempat arah strategis tersebut dalam lima tahun ini,” ujarnya, seperti keterangan yang diterima redaksi, Selasa (2/11).

Baca juga : Menag Jadi Ketua Umum Federasi Wing Chun Indonesia 2021-2023

Sekretaris Utama Perpusnas Woro Titi Haryanti menjelaskan, perpustakaan menjadi prioritas dalam pembangunan Indonesia. Perpusnas selaku pembina dari seluruh jenis perpustakaan di Indonesia bertanggung jawab atas terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, sehingga perpustakaan wajib bertransformasi.

Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang dijalankan Perpusnas menargetkan perpustakaan desa agar mampu menghubungkan masyarakat dengan koleksi yang dimiliki Perpusnas melalui layanan daring seperti Indonesia OneSearch (IOS) dan Khasanah Nusantara (Khastara).

Dalam upaya melestarikan dan mempromosikan manuskrip Nusantara, Woro mengajak Perpusnas Australia dan negara di Asia untuk berkolaborasi dalam menghimpun manuskrip Nusantara yang masih berada di luar Indonesia. “Dengan demikian, harapan kami manuskrip-manuskrip tersebut bisa dikenal di seluruh dunia,” jelasnya.

Baca juga : Perhutani Jadi BUMN Corporate Brand Awards 2021

Woro menambahkan, kerja sama merupakan hal yang harus dilakukan, mulai dari desa, kabupaten/kota, provinsi, hingga sektor swasta. Untuk itu, Perpusnas mengadakan pertemuan rutin dengan seluruh pemangku kepentingan di bidang perpustakaan. 

“Pertemuan rutin tersebut bertujuan untuk memberi pemahaman lebih baik tentang fungsi perpustakaan yang telah bertransformasi yakni untuk belajar, berbagi, dan beraktivitas. Kerja sama ini dibuka untuk semua jenis perpustakaan,” ungkapnya.

Sementara itu, CEO NLB Singapore Ng Cher Pong menyatakan, pihaknya memiliki rencana kolaborasi yang diperuntukkan bagi mitra dan komunitas. “LAB25 adalah undangan untuk berkolaborasi dengan NLB Singapore guna menata kembali perpustakaan dan arsip dalam menjadi pendamping yang lebih kuat bagi masyarakat saat kita melibatkan sosial, budaya dan ekonomi untuk berkembang bersama,” urainya.

Baca juga : Mendagri Tak Bisa Hadir, DPR Tunda Raker Tanggal Pencoblosan Pemilu 2024

The Leaders’ Conversations merupakan kegiatan yang diselenggarakan pertama kali secara virtual pada 2020. Kegiatan ini digunakan sebagai wadah bagi para pemimpin perpustakaan baik dari dalam maupun luar Asia dan Oseania untuk berbagi wawasan tentang perkembangan besar dalam dunia perpustakaan. Inisiatif ini mendapat dukungan besar dari IFLA dan IFLA Regional Kantor Regional untuk Asia dan Oseania karena selaras dengan Visi Global IFLA. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.