Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dudung Lepas 2.900 Personel Kostrad Untuk Latihan Di Martapura

Rabu, 3 November 2021 13:47 WIB
Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman (Foto: Dok. Kostrad)
Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman (Foto: Dok. Kostrad)

RM.id  Rakyat Merdeka - Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin Upacara Pemberangkatan Latihan Antar Kecabangan (Ancab) Brigif Raider 13 Divisi Infanteri 1 Kostrad TA 2021 dan perkuatannya, di Pelabuhan Merak Cilegon, Banten. Rabu (3/11). Para personel Kostrad ini yang akan diberangkatkan ke Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Kodiklat TNI-AD) di Martapura, OKU Timur, Sumatera Selatan, dalam rangka Latihan Puncak Matra Darat yang dikenal dengan Latihan Kartika Yudha TA 2021.

Dalam amanatnya, Dudung mengatakan, Latihan Antar Kecabangan Brigif Raider 13/1 Kostrad TA 2021 adalah latihan yang memadukan semua kesenjataan dan kecabangan. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan teknik, taktik dalam manuver lapangan pada operasi serangan tingkat Brigade yang diperkuat dengan unsur-unsur Bantuan Tempur dan Bantuan Administrasi serta operasi pertahanan dan serangan oleh satuan setingkat Batalyon. Oleh karena itu, menuntut koordinasi yang melekat dan pengendalian yang ketat, mengingat latihan ini tidak saja melibatkan unsur Infanteri, tetapi juga melibatkan unsur-unsur dari kecabangan lain.

Baca juga : Angkatan Laut AS Dan TNI AL Latihan Bersama Di Laut Jawa

Latihan yang akan berlangsung selama 17 hari. Latihan ini juga bertujuan untuk mengukur sejauh mana efektivitas pembinaan latihan satuan yang sudah dilaksanakan. Yaitu latihan untuk menghasilkan kesiapan operasional satuan dalam menghadapi kegiatan latihan pada lingkup yang lebih besar, maupun menghadapi tugas operasi, baik operasi berdiri sendiri maupun sebagai bagian dari satuan yang lebih besar.

Dudung berharap kepada peserta latihan, baik pendukung maupun pelaku, agar melaksanakan latihan dengan disiplin dan penuh kesungguhan. Sebab, dengan disiplin dan penuh kesungguhan, semua materi yang dilatihkan akan dapat dilaksanakan dengan baik dan mencapai sasaran yang diinginkan.

Baca juga : Ngarep Menang Di Liga 2, Persija Kembali Tancap Latihan

“Karena dengan berlatih secara benar dengan porsi latihan yang memadai, maka risiko terjadi korban pertempuran yang sia-sia dapat dihindari. Hal ini sejalan dengan motto latihan kita, yaitu lebih baik mandi keringat dalam latihan, daripada mandi darah dalam pertempuran,” tegas Dudung seperti keterangan tertulis yang disampaikan Komandan Satuan Penugasan (Dansatgas) Penerangan Latihan Ancab AD TA 2021 Kapten Chb Mayang Seto Permono.

Pelaksanaan Embarkasi pasukan Latihan Ancab Brigif R 13 Kostrad menggunakan kapal Portlink III dengan tujuan Merak-Pelabuhan Panjang Kota Bandar Lampung. Personel yang diberangkatkan sejumlah 2.907 orang yang terdiri dari Personel Satgas Brigif Raider 13/1 Kostrad beserta perkuatannya yang berasal dari Banpur dan Banmin dan dilengkapi Alutsistanya masing-masing kecabangan.

Baca juga : PLN Jakarta Terjunkan 2.356 Personel Jaga Kelistrikan Di Musim Hujan

Turut hadir pada upacara tersebut Irkostrad Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, Pangdivif 1 Kostrad Mayjen TNI Dedi Kusmayadi, Kapoksahli Pangkostrad, Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad, Irdivif 1 Kostrad, para Asisten Kasdivif 1 Kostrad dan para tamu undangan. (Penkostrad). [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.