Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Angkatan Laut AS Dan TNI AL Latihan Bersama Di Laut Jawa

Senin, 1 November 2021 19:33 WIB
Prajurit TNI Angkatan Laut dan militer Amerika Serikat atau US Army mulai mengggelar latihan bersama Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) Indonesia di Surabaya, Jawa Timur, Senin (1/11/2021). (US Embassy Jakarta)
Prajurit TNI Angkatan Laut dan militer Amerika Serikat atau US Army mulai mengggelar latihan bersama Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) Indonesia di Surabaya, Jawa Timur, Senin (1/11/2021). (US Embassy Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Prajurit TNI Angkatan Laut dan militer Amerika Serikat atau US Army, mulai mengggelar latihan bersama Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) Indonesia di Surabaya, Jawa Timur, Senin (1/11/2021).

Latihan bersama yang berlangsung hingga 11 hari ke depan ini memusatkan pada spektrum penuh kemampuan angkatan laut kedua negara.

Kedutaan Besar Amerika Serikat dalam keterangannya, Senin (1/11), menjelaskan latihan militer bersama ini, juga untuk menampilkan evolusi kooperatif, yang menyoroti kemampuan AS dan Indonesia untuk memastikan keamanan kawasan maritim Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Baca juga : BPJS Kesehatan Kerja Sama Dengan 66 Faskes Se-Jabodetabek

“Hubungan yang kuat dibangun atas dasar kepercayaan, dan dikembangkan melalui tindakan yang diwujudkan, serta diskursus yang konsisten dan bijaksana," terang komodor AL Destroyer Squadron (DESRON) 7 Tom Ogden.

"CARAT Indonesia adalah wadah yang sempurna bagi Amerika dan Indonesia untuk mengatasi masalah keamanan maritim bersama, serta untuk memperluas kerja sama kami di Asia Tenggara,” sambungnya.

Rangkaian latihan bersama ini akan dilaksanakan di wilayah laut, diantaranya di Laut Jawa.

Baca juga : HNW Ingatkan Pembukaan UUD Tidak Bisa Diubah

Asset-aset Angkatan Laut Amerika Serikat akan bergabung dengan kapal dan pesawat milik TNI AL untuk pelatihan kemitraan yang berfokus pada pembangunan interoperabilitas dan penguatan hubungan.

Kapal dan pesawat Angkatan Laut Amerika yang dikerahkan dalam latihan bersama ini, mencakup kapal perang litoral varian Independence USS Jackson (LCS 18), helikopter MH-60S Seahawk dari Skuadron 23 Helicopter Sea Combat (HSC), kapal angkut cepat ekspedisi kelas Spearhead USNS Millinocket (T-EPF 3), dan pesawat P-8A Poseidon.

“CARAT 2021 merupakan wadah kerjasama antarmiliter Indonesia dan Amerika Serikat, khususnya program bilateral TNI AL dan Armada Ketujuh Amerika Serikat,” ujar Kepala Staf Komando Armada II Laksamana Pertama TNI-AL Rachmad Jayadi pada saat upacara pembukaan.

Baca juga : Tingkatan Daya Saing UMKM, Dapat Perkuat Ekonomi Indonesia

Menurut Rachmad, latihan militer bersama ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel angkatan laut dalam bidang peperangan.

Dan menjadi wadah untuk berbagi ilmu dan meningkatkan keterampilan perang angkatan laut, serta interoperabilitas dalam menghadapi tantangan keamanan maritim di kedua negara. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.