Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gandeng 4 Kabupaten Di Wilayah 3T, LAN Launching 261 Inovasi

Jumat, 5 November 2021 20:33 WIB
Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si memberikan sambutan pada launching inovasi di Kabupaten Lombok Utara. (Foto: Humas LAN)
Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si memberikan sambutan pada launching inovasi di Kabupaten Lombok Utara. (Foto: Humas LAN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia dan dunia kini sedang dihadapkan dengan situasi yang tidak pasti dan kompleks, yang biasa disebut sebagai VUCA ( Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity).

Di tengah kondisi ini, pemerintah mendapat tuntutan lebih besar lagi untuk berinovasi. Agar dapat memberikan sistem pelayanan publik yang agile kepada masyarakat.

Berbagai upaya akselerasi inovasi pun telah diupayakan oleh pemerintah, sebagai wujud menghadirkan negara untuk melayani masyarakat di seluruh pelosok Tanah Air.

Baca juga : Gandeng Alenia Pictures, LPDUK Launching Film Tema Olahraga

Terkait hal itu, Lembaga Administrasi Negara (LAN) menyelenggarakan Program Prioritas Nasional Laboratorium Inovasi (Labinov) 2021 yang memprioritaskan daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal), dalam rangka meningkatkan daya saing daerah. Sebagai bentuk terjemahan Nawacita Presiden Jokowi, membangun Indonesia dari pinggiran.

Sebanyak 261 ide inovasi telah dilahirkan dari kegiatan Labinov yang diselenggarakan di 4 lokus: Kabupaten Kepulauan Tanimbar Maluku, Kabupaten Lombok Utara NTB, Kabupaten Tojo Una-Una Sulawesi Tengah dan Kabupaten Sorong Papua Barat.

Ide inovasi tersebut merupakan bentuk kolaborasi antara LAN dan Pemerintah Daerah, sebagai upaya mengakselerasi inovasi untuk mencari solusi, atas permasalahan yang dihadapi dalam proses penyelenggaran pemerintahan.

Baca juga : Racikan Anyar Kalah Di Piala Thomas, Ahsan: Kurang Hoki

Rangkaian kegiatan Labinov di 4 lokus telah dimulai sejak Maret hingga November 2021 dengan sejumlah kegiatan yang diselenggarakan, baik secara klasikal dan virtual.

Sebelumnya, pada pembukaan kegiatan Labinov di Kabupaten Lombok Utara yang dilaksanakan pada bulan April 2021, Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si. hadir memberikan sambutan yang juga dihadiri secara langsung oleh Bupati Lombok Utara, Djohan Sjamsu, SH dan segenap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Kabupaten Lombok Utara.

Dalam sambutannya, Kepala LAN menekankan pentingnya menghasilkan inovasi tata kelola pemerintahan, inovasi pelayanan publik, serta pemberdayaan masyarakat secara co-creation.

Baca juga : Telkomsel Siap Bangun 7 Ribuan BTS Di Wilayah 3T

Cara kerja co-creation membuahkan inovasi melalui semangat kebersamaan dari berbagai pihak, baik secara internal pemerintah daerah maupun dengan pihak eksternal.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.