Dark/Light Mode

Gandeng 4 Kabupaten Di Wilayah 3T, LAN Launching 261 Inovasi

Jumat, 5 November 2021 20:33 WIB
Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si memberikan sambutan pada launching inovasi di Kabupaten Lombok Utara. (Foto: Humas LAN)
Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si memberikan sambutan pada launching inovasi di Kabupaten Lombok Utara. (Foto: Humas LAN)

 Sebelumnya 
Hal senada juga diungkapkan Deputi Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN, Dr. Tri Widodo W. U., MA, dalam kegiatan launching 71 Inovasi Kabupaten Lombok Utara, yang diselenggarakan pada Oktober 2021.

Saat ini, pemerintah harus dapat melakukan mobilisasi dan orkestrasi dengan menggandeng pihak. Termasuk masyarakat,  dalam memecahkan permasalahan.

Sebagaimana telah digagas oleh Dinas Pekerjaan Umum yaitu Inovasi Beriuk Merikek Jalan (Perbaikan Jalan dan Jembatan berbasis Peran Serta Masyarakat), yang melibatkan peran serta masyarakat dalam upaya perbaikan jalan dan jembatan.

Sementara itu, Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen Aparatur Sipil Negara LAN, Dr. Agus Sudrajat, S.Sos., M.A. dalam kegiatan launching 55 Ide Inovasi Kabupaten Tojo Una-Una pada pertengahan Oktober 2021 menerangkan, kegiatan launching ini bukanlah akhir dari kegiatan inovasi.

"Ini merupakan pertengahan dari perjalanan inovasi kita. Artinya, kita akan senantiasa mengembangkan inovasi, untuk meningkatkan pelayanan demi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una.

Baca juga : Gandeng Alenia Pictures, LPDUK Launching Film Tema Olahraga

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, SE, MM juga mengapresiasi setinggi- tingginya kepada para inovator OPD dan Tim dari LAN, atas kolaborasi yang dibangun.

Lebih lanjut, Sekretaris Utama LAN, Dra. Reni Suzana, MPPM, dalam kegiatan launching 41 Ide Inovasi di Kabupaten Sorong pada Kamis (4/11) menekankan, dengan di-launching-nya beberapa inovasi ke depan harus terus dikawal, hingga proses implementasinya.

Peran kepala daerah dan para pimpinan unit menjadi sangat penting, dalam menjaga tetap berjalannya implementasi inovasi pemerintahan.

Pada kesempatan yang sama Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru, SH, M.Si dalam sambutannya menyampaikan harapannya kepada para pegawai, serta organisasi pemerintahannya wajib menyesuaikan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

Inovasi yang berkelanjutan, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut.

Baca juga : Racikan Anyar Kalah Di Piala Thomas, Ahsan: Kurang Hoki

Pada kegiatan launching 94 Ide Inovasi di Kabupaten Kepulauan Tanimbar pada Jumat (5/11), Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara LAN, Dra. Isti Heriani, MBA menjelaskan, kegiatan Lab Inovasi ini merupakan langkah percepatan pembangunan di kawasan Indonesia bagian Timur.

Sebagaimana amanat Presiden Jokowi bahwa ketertinggalan di kawasan Indonesia Timur seperti Papua, Maluku dan Nusa Tenggara Timur (NTT) harus menjadi salah satu fokus pemerintah dalam rangka pemerataan pembangunan Indonesia.

Kegiatan Labinov di Kabupaten Kepulauan Tanimbar ini mendapatkan dukungan penuh dari Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon, SH., MH.

Ia menyampaikan apresiasinya kepada LAN atas pendampingannya melalui Labinov, sehingga mampu menghasilkan 94 ide inovasi.

Dia berharap, ide inovasi tersebut dapat diimplementasikan dengan baik. Sehingga, dapat meningkatkan tata kelola pemerintahan yang ujungnya berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Baca juga : Telkomsel Siap Bangun 7 Ribuan BTS Di Wilayah 3T

Pada rangkaian kegiatan launching inovasi di kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kepala Biro Hukum dan Humas LAN, Tri Atmojo Sejati, SH,ST, MH menjelaskan sisi regulasi tentang perlunya legalitas, atas inovasi daerah yang telah dihasilkan.

Setelah kegiatan launching inovasi ini, Pemerintah Daerah harus segera membuat payung hukumnya, yaitu Keputusan Kepala Daerah, Peraturan Daerah (Perda) maupun Peraturan Kepala Daerah (Perkada). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.