Dark/Light Mode

Bangun Ibu Kota Baru, Menteri PUPR Akan Belajar Ke Korsel

Sabtu, 6 November 2021 16:44 WIB
Maket Ibu Kota Negara Baru di Kalimantan Timur.
Maket Ibu Kota Negara Baru di Kalimantan Timur.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono akan mengunjungi Korea Selatan (Korsel) pada akhir tahun ini. 

Kunjungan Ke Korsel dalam rangka untuk melihat beberapa proyek Smart City, di antaranya Smart Village di Eco Delta City, Songdo City dan Sejong City. 

Baca juga : Banjir Bandang Di Kota Batu, PLN Pulihkan Pasokan Listrik Ke 26.236 Pelanggan

Hal itu dikatakan Basuki usai melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Lingkungan Korea Selatan, Han Jeoung-ae, Conference of the Parties (COP) ke-26 di Glasgow, Skotlandia, Rabu (3/11).   

"Saya tertarik untuk mempelajari bagaimana kota-kota baru itu dibangun dari awal, bagaimana konsep kota pintar dapat diimplementasikan oleh Pemerintah Korsel," ujar Basuki dalam keterangannya, Sabtu (6/11). 

Baca juga : Kunjungi Turki, Menteri PUPR Jajaki Kerja Sama Infrastruktur

Selain itu, Basuki juga akan belajar ke Korsel terkait rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. 

"Saat ini, rancangan UU IKN sudah disampaikan Pemerintah ke DPR untuk dibahas lebih lanjut dan mendapatkan persetujuan," tuturnya.

Baca juga : Kemasan Baru Greenfield Berikan Pesan Positif

Dalam pertemuan bilateral itu, Basuki juga menyampaikan rencananya pengembangan pemanfaatan bendungan untuk sumber energi terbarukan, seperti halnya pemanfaatan tenaga hidro dan pemasangan panel surya di bendungan untuk menghasilkan energi listrik.

“Saya menyampaikan apresiasinya kepada Kementerian Lingkungan Korsel atas kerja sama yang telah terjalin di bidang infrastruktur, termasuk ahli bendungan yang dirasakan sangat membantu. Kerja sama lainnya terkait pengembangan infrastruktur berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK/ICT), khususnya teknologi Advanced Hydrologic Measurement dan Pilot Project Smart Water Management Denpasar," kata Basuki. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.