Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bisa Diakses 24 Jam

Chatbot WA Kemenkes, Solusi Ampuh Sertifikat Vaksin Yang Masih Bermasalah

Rabu, 10 November 2021 19:10 WIB
Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha dalam konferensi pers peluncuran Chatboxt WhatsApp PeduliLindungi, Rabu (10/11). (Foto: YouTube)
Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha dalam konferensi pers peluncuran Chatboxt WhatsApp PeduliLindungi, Rabu (10/11). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kesehatan terus memperbaiki fitur dan layanan PeduliLindungi, terutama untuk mempercepat respons pengaduan masyarakat terkait sertifikat vaksinasi, yang selama ini dilakukan melalui email dan Call Center 119.

Sebagai solusi, masyarakat dapat mengakses layanan Chatbot Whatsapp dengan menghubungi WhatsApp Kemkes pada nomor 081110500567.

Untuk keamanan data, masyarakat diminta memasukkan nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi, dan kode OTP terlebih dahulu.

Selanjutnya, menu Download Sertifikat, Status Vaksinasi, dan Ubah Info Diri akan tampil dan dapat dipilih oleh masyarakat sesuai kebutuhan.

Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha menjelaskan, selama ini pengaduan diarahkan ke email [email protected] atau Call Center 119 Ext. 9.

Baca juga : Menkes Berdoa Pembuatan Vaksin Merah Putih Lancar

Jumlah rata-rata aduan per minggunya mencapai lebih dari 134 ribu melalui email dan 80 ribu lewat telepon. Mayoritas aduan terkait informasi sertifikat vaksin dan penyesuaian data, seperti nama dan nomor ponsel.

“Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan menghadirkan layanan Chatbot PeduliLindungi untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan sertifikat, status vaksinasi, dan perbaikan info diri,” kata Kunta dalam konferensi pers Peluncuran Chatbot Whatsapp PeduliLindungi secara virtual, Rabu (10/11).

Dalam Chatbot ini, ada 3 menu utama yang bisa digunakan masyarakat. Yakni Download Sertifikat Vaksin, Status Vaksinasi, dan Ubah Info Diri.

Masyarakat yang belum mendapatkan sertifikat dan terkendala untuk mengaksesnya di Aplikasi PeduliLindungi, bisa memilih menu Download Sertifikat.

Pengecekan status vaksinasi juga dapat dilakukan melalui menu Status Vaksinasi.

Baca juga : Amankan Aset Negara, PLN Tuntaskan 9.740 Sertifikasi Tanah Di Berbagai Daerah

Sementara menu Ubah Info Diri diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin mengubah data nama pada sertifikat vaksin, agar sesuai KTP dan nomor telepon terdaftar di aplikasi PeduliLindungi.

Chief of Digital Tranformation Office (DTO), Kementerian Kesehatan, Setiaji menjelaskan, Chatbot PeduliLindungi ini menggunakan nama KemenkesRI dengan centang hijau.

Chatbot tersebut digunakan sebagai layanan keluhan pengguna aplikasi PeduliLindungi, terutama yang mengalami kendala terkait sertifikat vaksinasi dan penyesuaian data.

“Semua kemudahan ini tentunya didesain dengan proses verifikasi dan tingkat keamanan yang mencukupi. Agar data dan privasi pengguna tetap terjaga dengan baik,” tutur Setiaji.

Model pengamanan Chatbot sudah didesain dengan proses verifikasi dan end to end encryption. Karena pada saat mengirim pesan sudah terenkripsi, data privasi pengguna akan tetap terjaga.

Baca juga : Jangan Dicetak, Sertifikat Vaksin Cukup Versi Digital Aja

Verifikasi pengguna dilakukan dengan kode OTP pada nomor telepon yang terdaftar di aplikasi PeduliLindungi, untuk menjaga keamanan datanya.

Chatbot ini, kata Setiaji, akan menambah layanan pengaduan terhadap penggunaan sertifikat vaksinasi. Terpenting, bisa diakses 24 jam.

“Chatbot PeduliLindungi diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat, yang selama ini mugkin masih terkendala dengan email dan Call Center PeduliLindungi. Sekarang bisa lebih mudah menyelesaikan masalah sertifikat vaksin, hanya melalui chat WhatsApp yang langsung dijawab saat itu juga, dengan jaminan layanan yang selalu siap 24 jam,” papar Setiaji.

Perubahan data info diri yang dilakukan melalui Chatbot, dapat langsung ter-update dengan cepat.

“Jadi, pada saat nanti mendapatkan konfirmasi dari Chatbot, saat itu juga sistem di dalam PeduliLindungi akan dilakukan perubahan. Kecuali, kalau ada perubahan NIK nya yang terpakai. Itu beda lagi,” kata Setiaji. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.