Dark/Light Mode

Posko Kesehatan Layani Pemudik 24 Jam

Rabu, 29 Mei 2019 10:10 WIB
Menkes Nila F Moeloek saat meninjau kesiapan tenaga kesehatan dan ambulans pada Senin (27/5) di Jakarta. (Foto : twitter@KemenkesRI)
Menkes Nila F Moeloek saat meninjau kesiapan tenaga kesehatan dan ambulans pada Senin (27/5) di Jakarta. (Foto : twitter@KemenkesRI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinas Kesehatan (Dinkes) di daerah siap membantu masyarakat yang melakukan mudik. Posko kesehatan didirikan di tiap daerah selama 24 jam. Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menyiapkan sejumlah posko kesehatan yang ditempatkan pada beberapa titik lokasi di Jakarta saat arus mudik.

“Tempat-tempat yang menjadi konsentrasi kita adalah terminal bus, stasiun dan beberapa tempat wisata,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti.

Widyastuti menjelaskan, akan ada empat terminal utama dan tujuh terminal bantuan yang menjadi sasaran didirikannya posko kesehatan, yaitu untuk daerah Jakarta Barat ada di Kalideres, Jakarta Utara di Tanjung Priok serta untuk kawasan Jakarta Ti mur di Pulo Gebang dan Kampung Rambutan. “Terminal bantuan ada di Muara Angke, Grogol, Lebak Bulus, Rawamangun, Pinang Ranti, Blok M dan Kemayoran,” ujarnya.

Baca juga : Polisi Sita Barang Bukti untuk Aksi 22 Mei

Selain itu, stasiun yang menjadi target Dinas Kesehatan DKI untuk mendirikan posko kesehatan serta tim kesehatan adalah stasiun kereta api Kota Jakarta Barat, Gambir, Senen, Manggarai dan Jatinegara. “Ini sudah rutin kita lakukan setiap tahun,” ujarnya.

Sedangkan lokasi wisata yang menjadi pilihan merupakan tempat wisata yang strategis, umum dan ramai dikunjungi setiap tahun seperti Ragunan, Monas, Kota Tua, dan Taman Mini. Widyastuti mengatakan, posko kesehatan di berbagai lokasi tersebut akan mulai beroperasi dan disiagakan sejak H-7 lebaran hingga H+7 lebaran. “Ya mulai 29 Mei sampai 10 Juni lah kira-kira,” katanya.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi jika ada masyarakat yang sakit ketika melakukan mudik ke kampung halaman. “Pelayanan kesehatan menerima apabila ada pemudik yang sakit kita obati, siap siaga tinggal datang saja ke posko kesehatan yang tersedia karena jam operasionalnya 24 Jam dengan satu tim 1 dokter dua perawat,” jelasnya.

Baca juga : Promo Ramadan Deals Traveloka Mudahkan Pemudik Cari Penginapan

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten M Yusuf menyampaikan pihaknya telah siap sebagai wilayah untuk jalur mudik ke Sumatera. Kesiapan tersebut mencakup pelayanan kesehatan termasuk ketersediaan obat dan surveilans. Dari 8 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Banten, di Pelabuhan Merak terdapat 6 pos ko dan 3 Kantor Kesehatan Pela- buhan. Kemudian, ditambah satu pos milik BPJS Kesehatan yang berjaga selama 24 jam.

“Ada ambulans termasuk motor 3 buah. Mudah-mudahan ada 6 posko pelayanan semua arus mudik yang melewati pelabuhan Merak. Untuk layanan rumah sakit tersedia RS yang tidak jauh dari pelabuhan Merak, yakni di Cilegon ada RS milik Pemda Cilegon,” ucapnya.

Sementara, dari luar Pulau Jawa, Dinas Kesehatan Sumatera Selatan menyiapkan sebanyak 86 posko kesehatan untuk para pemudik Lebaran yang mela- yani 24 jam. Posko disebar di sepanjang Jalan Lintas Timur Sumatra dan sekitarnya. “Kami telah mendirikan posko kesehatan di sepanjang jalur mudik Lebaran, ada 86 posko yang didirikan termasuk ada juga layanan kesehatan darurat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuarani.

Baca juga : Mantap, Pertamina Pastikan Kebutuhan BBM Pemudik di Tol Trans Jawa Aman

Selain mendirikan pos kesehatan, Lesty mengaku telah meminta Puskesmas di jalur mudik Lebaran siaga 24 jam. Mulai perbatasan Palembang- Jambi hingga ke Palembang- Lampung yang menjadi jalur mudik utama lintas Sumatra. Tidak hanya itu, beberapa rumah sakit di jalur mudik juga diminta untuk antisipasi kejadian darurat. Termasuk antisipasi jika ada pengendara yang terlihat lelah untuk dapat dicek kesehatannya.

“Selain 86 posko itu, kita juga ada posko kesehatan layanan terpadu bekerjasama dengan kepolisian, TNI, Dishub termasuk Puskesmas. Selain tempat istirahat, pos ini juga bisa cek gula darah, alkohol atau narkoba,” ungkapnya.

Setiap posko kesehatan akan dikerahkan tiga hingga lima tenaga kesehatan. Mulai dari dokter, perawat dan sopir ambulans yang dibagi beberapa shift selama mudik Lebaran. [TIM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.