Dark/Light Mode

Adang Daradjatum Ajak Mahasiswa Jadikan Donor Darah Gaya Hidup Baru

Kamis, 7 Desember 2023 23:02 WIB
Ketua MKD DPR/Ketua Umum PDDI Adang Daradjatum (berdiri kiri) bersama Ketua Umum SPDDI Nunun Daradjatun (kedua kiri) menyemangati mahasiswa yang sedang donor darah, di Fakultas MIPA UI, Depok, Rabu (6/12). (Foto: Istimewa)
Ketua MKD DPR/Ketua Umum PDDI Adang Daradjatum (berdiri kiri) bersama Ketua Umum SPDDI Nunun Daradjatun (kedua kiri) menyemangati mahasiswa yang sedang donor darah, di Fakultas MIPA UI, Depok, Rabu (6/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR Adang Daradjatun mengajak mahasiswa untuk menjadikan donor darah sebagai sebuah gaya hidup positif yang harus terus dijalankan. Menurutnya, donor darah adalah perbuatan mulia juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

"Saya berharap kegiatan donor darah bisa dijadikan kebiasaan dan gaya hidup baru yang positif bagi mahasiswa, sebagai generasi muda. Saya melihat masih banyak mahasiswa dan generasi muda yang enggan atau takut berdonor darah. Padahal donor darah itu banyak manfaatnya," ujar Adang, saat acara donor darah “Goes To Campus, Setetes Darah Berjuta Harapan”, di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat, Rabu (6/12/2023).

Baca juga : Romo Benny BPIP Ajak Mahasiswa Jaga Demokrasi

Politisi senior PKS ini menjelaskan, setetes darah yang didonorkan, selain bisa membantu jutaan manusia lainnya, juga bisa menyehatkan individu pendonor. Sebab, saat melakukan donor darah, terjadi regenerasi sel-sel darah baru dalam tubuh.

Oleh karena itu, Ketua Umum Persatuan Donor Darah Indonesia (PDDI) ini, bersama dengan Srikandi Perempuan Donor Darah Indonesia (SPDDI), bekerja sama dengan Dekan dan Staf Pengajar Fakultas MIPA dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) MIPA UI, serta Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, mendatangi Fakultas MIPA untuk mengedukasi mahasiswa agar tidak takut dan ragu mendonorkan darah. Dalam acara Goes To Campus, Setetes Darah Berjuta Harapan ini terkumpul target 300 kantong darah.

Baca juga : Kepala BNPT Ajak Mahasiswa Teladani Sengamat Kebangsaan Pahlawan

Ketua Umum SPDDI Nunun Daradjatun menambahkan, saat ini kebutuhan darah di PMI DKI Jakarta sekitar 1.000-1.200 kantung per hari. Darah itu diperlukan untuk kebutuhan medis, termasuk ibu melahirkan.

"Sebagai balas budi kepada kaum ibu, maka kegiatan donor darah kali ini dipersembahkan khusus untuk kaum ibu. Khususnya dalam rangkaian peringatan Hari Ibu yang jatuh setiap 22 Desember. Atas dasar itulah, tidak sedikit mahasiswa yang tersentuh dan pada akhirnya tertarik dan ikut mendonorkan darahnya, hingga tercapai target 300 kantong dalam kegiatan donor darah kali ini,” ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.