Dark/Light Mode

Masyarakat Siantar-Simalungun Sambut Antusias Perayaan Bagak Marnatal

Sabtu, 23 Desember 2023 17:37 WIB
Penggagas Bagak Marnatal, Bane Raja Manalu (kanan depan). (Foto: Istimewa)
Penggagas Bagak Marnatal, Bane Raja Manalu (kanan depan). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bagak Marnatal kembali hadir melahirkan sukacita untuk masyarakat Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut). Tahun ini Bagak Marnatal dilaksanakan pada 22 Desember 2023.

Penggagas Bagak Marnatal, Bane Raja Manalu, mengatakan bahwa acara ini digelar untuk berkumpul bersama dan bersukacita merayakan Natal. Bagak Marnatal ini merupakan agenda tahunan dan telah dilaksanakan mulai 2022.

“Kita mau menghadirkan suka cita di Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun. Semua orang bersukacita karena Natal. Bukan hanya orang Batak saja, bukan orang Kristen saja. Karna berkat Natal itu harus hadir dalam semua umat manusia,” ujarnya, saat menyapa masyarakat di Jalan Merdeka Lapangan Pariwisata Pematang Siantar, Sumut, Jumat (22/12).

Baca juga : Praperadilan Tak Diterima, Firli: Kita Junjung Asas Praduga Tak Bersalah

Kata dia, Bagak Marnatal merupakan bagian dari gotong royong dan kolaborasi. Bukan hanya orang Kristen yang ikut Bagak Marnatal, tapi ada beberapa pihak dan tim yang berperan dalam acara ini. Inilah bagian dari toleransi umat beragama dalam rasa suka cita.

“Rasa suka cita juga bisa ditularkan. Kalau kita dikelilingi, orang-orang yang suka cita, maka kita pun bersuka cita juga. Tapi kalau kita dikelilingi orang-orang yang negatif, maka cara berpikir dan bertindak kita pun akan negatif. Maka kita harus menjadi orang-orang yang positif yang membangun Siantar, Simalungun dan Sumatera Utara yang lebih baik lagi,” ungkap alumni SMA 3 Pematang Siantar tersebut.

Ia mengucapkan terima kasih kepada pelaku seni dan krearif Siantar-Simalungun khususnya Sihoda (Simalungun Home Dancer), yang sudah dari tahun lalu bersama-sama Bagak. "Kiranya ada aksi- aksi yang lain yang bisa kita kerjakan bersama. Ada model-model cantik anak-anak Siantar yang merupakan pemenang tingkat nasional," imbuhnya.

Baca juga : KPK: OTT Maluku Utara Terkait Lelang Jabatan Dan Pengadaan Barang Jasa

Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM ini melanjutkan, Bagak Marnatal tahun ini dikerjakan dengan gotong royong dan kolaborasi bersama Cindira, Erwin Siahaan, Alfonso Sinaga, Astronot Nainggolan, Denny Siahaan, Maraden Sinaga, Apel Sahala Tua Manalu, Jhon Manat Purba.

“Kami berjanji tahun 2024 acara ini kita akan melakukan hal yang lebih seru. Dan semakin banyak orang yang terlibat. Satu tujuannya melahirkan suka cita. Ini bukan untuk kampanye, tetapi untuk melahirkan suka cita,” pungkasnya.

Solideo Saragih, salah seorang tokoh masyarakat di Kota Pematang Siantar, sangat mengapresiasi Bagak Marnatal. Kata dia, nama Bane Raja Manalu sudah sangat dikenal di Siantar-Simalungun. Banyak yang sudah diperbuat dan dirasakan masyarakat dampaknya.

Baca juga : Hadir Di Blitar, Warga Antusias Teriakkan "Prabowo Presiden"

“Bane Raja Manalu sudah terkenal di Siantar-Simalungun. Sudah banyak anak-anak sekolah yang dibantu mendapat beasiswa. Orang seperti Bane Raja Manalu sangat layak kita dukung dan dibantu agar bisa menjadi pemimpin dan pelayan masyarakat. Pemimpin itu harus melayani dan berdampak. Sosok itu ada di dalam Bane Raja Manalu,” ungkap warga Kecamatan Siantar Utara tersebut.

Bagak Marnatal ini dirangkai berbagai kegiatan. Di antaranya fashion show, lomba koor, senam aerobik, ibadah Natal dan pawai road show. Pawai diawali dari Pekan Tiga Dolok dan Finish di Posko Bagak yang beralamat di Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.