Dark/Light Mode

Jelang Ramadan, Dompet Dhuafa Ajak Umat Muslim untuk Saling Berbagi

Rabu, 6 Maret 2024 08:46 WIB
Konferensi pers program #RamadanMendekatkan Dompet Dhuafa, di Blok M, Jakarta, Selasa (5/3). (Foto: Istimewa)
Konferensi pers program #RamadanMendekatkan Dompet Dhuafa, di Blok M, Jakarta, Selasa (5/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah kenaikan harga kebutuhan pokok, masyarakat tidak lama akan menghadapi Ramadan. Dompet Dhuafa hadir dengan beragam program mengajak kolaboraksi elemen masyarakat untuk saling membantu.

Ketua Pengurus Dompet Dhuafa Ahmad Juwaini mengatakan, Ramadan adalah kesempatan terbaik dalam meningkatan sosialisi, literasi seputar zakat, infak, sedekah maupun wakaf. Dompet Dhuafa melayani pembayaran berzakat, infak, sedekah, dan wakaf dengan beragam sarana dan prasarana. Dompet Dhuafa juga melakukan berbagai hal untuk dapat membantu para mustahik yang dapat menerima dalam penyaluran zakat, infak, sedekah maupun wakaf.

"Tahun ini dengan tema #RamadanMendekatkan. Karena, pertama kami mendekatkan pada Allah SWT, kedua mendekatkan dengan keluarga, ketiga mendekatkan orang kaya dan miskin, keempat mendekatkan sebagai warga bangsa untuk bersatu terutama setelah melewati momentum pemilu,” ujarnya, dalam konferensi pers, di Blok M, Jakarta, Selasa (5/3).

Juwaini melanjutkan, Dompet Dhuafa menyakini lembaga zakat harus lebih dekat terhadap muzakki (orang yang berzakat). Muzakki adalah aktor sangat penting yang kepercayaannya harus dijaga dengan baik.

Baca juga : Jelang Ramadan, BEM PTNU Bagikan Sembako

"Di Ramadan ini kita juga mendekatkan diri pada kelompok mustahik (penerima zakat), dengan beragam layanan untuk membantu dan menyejahterahkan mereka. Kami juga mendekatkan para stakeholder, Kementerian Agama maupun pendukung-pendukung Dompet Dhuafa, untuk terus makin dipercaya, profesional, dan semakin bermanfaat bagi masyarakat,” tambah Juwaini.

Di sela konferensi pers, Dompet Dhuafa melepas 30 Dai Ambassador yang akan diberangkatkan ke 13 negara. Sebagai perwakilan, terdapat Ustaz Eko Suryadin Zain dengan penugasan di Kaledonia Baru, kemudian ada Ustaz Zulfirman, dengan penugasan di Thailand, lalu ada Ustazah Cutra Sari dengan penugasan di Jepang.

“Ramadan menjadi bulan yang penuh berkah, karena bulan ini menjadi keberkahan bagi masyarakat kurang mampu, terutama penyaluran zakat dengan sasaran 8 golongan yang berhak menerima zakat. Zakat ini merupakan modal sosial dalam mendekatkan si kaya dan si miskin," terangnya.

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag Waryono Abdul Ghafur menambahkan, zakat maal atau zakat harta di masyarakat mulai aktif. Hal ini dapat dilihat dari laporan Baznas, yang terdapat kurang lebih Rp 31 triliun.

Baca juga : Sambut Ramadan, PNM Peduli Gelar Santunan Anak Yatim Serentak

"Saya melihat ini menjadi peningkatan kesadaran para muzaki. Zakat fitrah diharapkan juga terjadi peningkatan. Di sisi lain juga saya berharap zakat menjadi gaya hidup bagi masyarakat,” ucap Waryono, di tempat yang sama.

Sementara itu, Kharima Azura selaku penerima manfaat bersyukur Dompet Dhuafa membantu keluarganya, mulai dari pendampingan hingga mengedukasi terkait stunting. "Alhamdulillah dengan bantuan-bantuan tersebut, saya dan keluarga mengerti dan dapat memperbaiki kehidupan keluarga sehingga perlahan dapat terbebas dari stunting,” ucapnya.

Rina Fatimah, Ketua Ramadan 1445 H Dompet Dhuafa menyatakan, pada Ramadan Tahun ini, dengan mengusung tema #RamadanMendekatkan, pihaknya menggulirkan ragam program dan menargetkan 1 juta penerima manfaat, dengan sebaran di 38 Provinsi, seluruh Indonesia. "Untuk program dakwah kami menargetkan di 13 negara penjuru dunia,” ujarnya.

Beragam program akan bergulir pada Ramadan nanti seperti Grebek Kampung, Mudik Gratis, Pos Mudik, Tebar Zakat Fitrah, Fidyah, Berbagi Paket Sahur dan Berbuka Puasa, Sedekah Qur’an, Sedekah Anak Yatim, Parsel Ramadan, dan THR Pejuang Keluarga, Borong Takjil, Sedekah Alat Ibadah dan Ramadan di Palestina. Selain itu, pada pra-Ramadan, Dompet Dhuafa juga menggelar 1445 donor darah bersama Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan bersih-bersih puluhan masjid di Jabodetabek.

Baca juga : Jelang Ramadan, Germany Brilliant Sanitaryware Percantik Fasilitas Wudhu Masjid

Tidak hanya itu, Dompet Dhuafa juga mendukung dakwah di berbagai dunia melalui Dai Ambassador dan Dai Pelosok Negeri melalui Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa). “Dompet Dhuafa juga menggelorakan program bagi warga di Palestina seperti paket sahur dan berbuka puasa, pembuatan masjid darurat hingga bingkisan Ramadan. Kami terus berupaya memaksimalkan kebaikan Ramadan tahun ini berkolaboraksi bersama berbagai mitra untuk terus menjamah warga di Palestina,” tambah Rina.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.