Dark/Light Mode

Naskah Tamno Tuanku Imam Bonjol Terpilih sebagai Memory of The World for Asia & The Pasific

Kamis, 9 Mei 2024 13:01 WIB
Penyerahan sertifikat Memory of the World Regional Committee for Asia and the PacificĀ (MOWCAP) untuk naskah Tambo Tuanku Imam oleh Kwibae Kim (kiri) ke Kepala Arsip Nasional Imam Gunarto didampingi Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpusnas Mariana Ginting, di Ulaan Baatar, Mongolia, Rabu (8/5). (Foto: Dok. Perpusnas)
Penyerahan sertifikat Memory of the World Regional Committee for Asia and the PacificĀ (MOWCAP) untuk naskah Tambo Tuanku Imam oleh Kwibae Kim (kiri) ke Kepala Arsip Nasional Imam Gunarto didampingi Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpusnas Mariana Ginting, di Ulaan Baatar, Mongolia, Rabu (8/5). (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Warisan dokumenter Indonesia, naskah Tambo Tuanku Imam Bonjol, ditetapkan sebagai salah satu Memory of the World (MoW) for Asia and the Pasific.

Penyerahan sertifikat dilakukan pemimpin Memory of the World Regional Committee for Asia and the Pacific (MOWCAP) Kwibae Kim kepada Kepala Arsip Nasional Imam Gunarto didampingi oleh Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Mariana Ginting, di Ulaan Baatar, Mongolia, Rabu (8/5).

Naskah yang diusulkan Perpusnas dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat ini terpilih setelah mengikuti proses pemilihan suara dari peserta pertemuan yang mewakili Australia dan Tuvalu, Bangladesh, Tiongkok, Filipina, India, Malaysia, Mongolia, Uzbekistan, dan Vietnam.

Baca juga : Joss, Menkes Budi Gunadi Sadikin Terpilih Jadi CEO Of The Year Regional Asia Pasifik

Selain naskah Tambo Tuanku Imam Bonjol, penetapan Memory of the World for Asia and the Pasific juga diberikan kepada arsip Indarung Semen Padang yang diusulkan PT Semen Padang, dan arsip tentang Indonesian Sugar Research Institut tahun 1887-1986 yang diusulkan Kantor Perpustakaan dan Arsip Jawa Timur serta Balai Penelitian Gula Indonesia.

Pustakawan Ahli Pertama Perpusnas Aditia Gunawan menjelaskan, naskah Tambo Tuanku Imam Bonjol merupakan salah satu catatan autentik yang ditulis oleh pribumi tentang ringkasan sejarah Perang Paderi dan Sumatera Barat pada abad ke-19. Ditulis oleh Naali Sutan Caniago, putra Tuanku Imam Bonjol, semasa pengasingannya di Manado. Naskah ini menceritakan secara langsung peristiwa sejarah di Minangkabau abad ke-19 dan dianggap sebagai autobiografi Melayu pertama dalam pengertian modern.

Dia menerangkan, ada beberapa alasan naskah ini layak ditetapkan menjadi Memory of the World (MoW) for Asia and the Pasific. Pertama, naskah Tambo Tuanku Imam Bonjol merupakan karya perintis, baik dari segi pengaruh dan genre tulisan. “Karya tersebut berupa hipogram dengan aktor yang menceritakannya secara langsung,” terangnya, dari Ulaan Baatar, seperti keterangan yang diterima redaksi, Kamis (9/10).

Baca juga : Danone Indonesia Raih Penghargaan Best Company to Work for in Asia 2021

Kedua, manuskrip ini mempunyai relevansi sejarah yang signifikan pada masa prakemerdekaan Indonesia dan menjadi bukti sejarah Minangkabau pada abad ke-19. Ketiga, karya ini menyajikan narasi global pergerakan Islam antara Timur Tengah dan Asia Tenggara pada abad ke-18 hingga abad ke-19.

“Keempat, naskah ini menyoroti peran aktif perempuan, sebuah ciri yang didukung oleh latar belakang budaya Minangkabau dengan kekerabatan matrilinealnya. Dan yang kelima, sebagai satu-satunya karya tulis tangan Melayu Minangkabau yang mengungkap fakta sejarah, naskah ini mempunyai poisisi tak tergantikan sebagai referensi masa depan,” urainya.

Jika ditelaah lebih lanjut, naskah Tambo Tuanku Imam Bonjol menceritakan refleksi pribadi Tuanku Imam Bonjol tentang pengorbanan dan efek perang yang berkepanjangan selama 34 tahun. Tuanku Imam Bonjol mengekspresikan penyesalan yang dalam kepada pengikutnya, yang timbul pertanyaan dalam dirinya, apakah ada banyak aturan di dalam Al-Qur’an yang telah dilanggar selama perang tersebut.

Baca juga : Gelandang Tangguh Persebaya Terpilih Sebagai Legenda Favorit Versi Polling PSSI

“Lahir pada tahun 1772 di Sumatera Barat, Tuanku Imam Bonjol adalah pemimpin Perang Paderi, salah satu perang terlama Suku Minangkabau melawan kolonialisme Belanda dari tahun 1803-1837 di Indonesia. Ia ditahan dan diasingkan di beberapa tempat di Indonesia. Dalam masa pengasingannya, ia masih mengatur pergerakan perlawanan melawan penjajah,” tuturnya.

Setelah penetapan naskah Tambo Tuanku Imam Bonjol oleh MOWCAP, dia menjelaskan, diperlukan program tindak lanjut yang menjadikan naskah tersebut mudah diakses, dikenal luas, dan dilestarikan hingga generasi mendatang.

MOWCAP adalah forum regional untuk Program Memori Dunia/Memory of the World (MoW) global Organisasi PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (Unesco) yang didirikan pada 1998. Di kawasan Asia Pasifik, banyak perpustakaan, arsip dan lembaga memori yang menghadapi tantangan berat seperti misalnya ekonomi, iklim dan geografis dalam menjaga kelestarian koleksinya. MOWCAP bertujuan untuk membantu pelestarian dan akses universal terhadap warisan dokumenter di kawasan Asia/Pasifik dan juga meningkatkan kesadaran akan keberadaan dan pentingnya warisan tersebut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.