Dark/Light Mode

Kemenag, BAZNAS, dan LAZ Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang Sumbar

Minggu, 19 Mei 2024 15:32 WIB
Penyerahan bantuan dari Kemenag, BAZNAS, dan LAZ untuk korban terdampak banjir bandang di Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat, Sabtu (18/5). (Foto: Istimewa)
Penyerahan bantuan dari Kemenag, BAZNAS, dan LAZ untuk korban terdampak banjir bandang di Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat, Sabtu (18/5). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Agama (Kemenag), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang tergabung dalam Forum Zakat (FOZ), UIN Imam Bonjol Padang, PT Nestle Indonesia, dan PT Paragon Technology Innovation menyerahkan bantuan sebanyak Rp 180 juta kepada korban terdampak banjir bandang (Bahasa Minang: galodo) di Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat, Sabtu (18/5). Selain uang, bantuan berupa fisik, logistik, sembako, dapur umum, ambulans, dan kebutuhan darurat lainnya turut diserahkan.

Bantuan tersebut langsung diserahkan di posko pusat kedua kabupaten. Bantuan diterima Sekda masing-masing. Rektor UIN Imam Bonjol Padang Martin Kustati memilih menyerahkan langsung bantuan pada mahasiswanya terdampak.

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag Waryono Abdul Ghafur menyampaikan, kehadiran Kemenag, BAZNAS, LAZ, dan mitra di saat bencana merupakan komitmen untuk hadir di tengah masyarakat terutama di saat bencana. Walau tidak membawa bantuan yang banyak, kehadiran di tengah masyarakat diharapkan dapat memberi semangat pada korban dan pemerintah daerah.

Baca juga : PNM Gerak Cepat Bantu Korban Banjir Bandang Sumatera Barat

"Kami atas nama pribadi dan Kemenag berduka atas terjadinya bencana ini. Kami berharap kedatangan kami dapat menyemangati korban untuk bangkit," ujarnya, di sela-sela penyerahan dan kunjungan di daerah terdampak bencana Kabupaten Agam dan Tanah Datar.

Waryono menjelaskan, sebelum turun ke wilayah bencana, Kemenag Kabupaten/Kota sudah turun terlebih dulu pada masyarakat. Kemenag Kabupaten/Kota, BAZNAS, dan LAZ sudah melakukan kegiatan evakuasi, pendirian tenda, dan posko bantuan.

Waryono menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk selalu hadir di tengah masyarakat yang terdampak bencana. Komitmen itu sudah dilakukannya pada kegiatan kebencanaan sebelumnya seperti banjir di Demak dan Kudus pada Februari 2024. Kehadiran mereka juga tidak hanya di Indonesia, tetapi pada bencana di tingkat internasional seperti bencana konflik kemanusiaan di Palestina.

Baca juga : Pemprov Kaltim Gercep Bantu Korban Banjir Di Mahulu, 6.400 Paket Segera Tiba

"Tidak hanya hadir untuk masyarakat Indonesia tapi juga masyarakat internasional seperti di Palestina. Ini komitmen kita bersama," ungkapnya.

Sebelum dilakukan kegiatan penyerahan bantuan di dua kabupaten tersebut, Kemenag terlebih dahulu melakukan konsolidasi dan koordinasi dengan berbagai pihak seperti BAZNAS, LAZ, dan mitra Kemenag lainnya.

Sekda Kabupaten Tanah Datar Iqbal R menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyerahan bantuan tersebut. Ia mengaku, tidak menilai jumlah bantuan tetapi kehadiran berbagai pihak di tengah kondisi bencana menjadi penyemangat tersendiri bagi pemerintah daerah dan masyarakat terdampak.

Baca juga : Dari Qatar Terbang Ke Sumbar, Prabowo Berikan Bantuan Bagi Korban Banjir Bandang

"Kehadiran Bapak dan Ibu di tengah bencana yang menimpa masyarakat kami lebih dari cukup untuk mendorong kami tetap semangat melalui kondisi bencana ini," ujarnya.

Berikut 12 LAZ yang ikut serta dalam menyerahkan bantuan untuk korban Sumatera Barat:

  1. Rumah Zakat, lokasi posko di Tanah Datar dan Bukittinggi
  2. Sinergi Foundation, lokasi posko di Bukittinggi
  3. Baitul Mal Hidayatullah (BMH), lokasi posko Lembah Anai Tanah Datar
  4. DT Peduli, lokasi posko di Bukittinggi
  5. Nurul Hayat, lokasi posko Kabupaten Agam
  6. Dompet Dhuafa, lokasi posko Tanah Datar
  7. Pelopor Kepedulian, lokasi posko Kabupaten Agam
  8. Risalah Charity, lokasi posko Tanah Datar dan Kabupaten Agam
  9. Yayasan Baitul Mal BRILian, lokasi posko di Kabupaten Agam dan Tanah Datar
  10. Rumah Yatim, lokasi posko di Kabupaten Agam
  11. Al-Azhar, lokasi posko di Bukittinggi dan Tanah Datar
  12. Yakesma, lokasi posko di Kabupaten Agam.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.