Dark/Light Mode

Dari Qatar Terbang Ke Sumbar, Prabowo Berikan Bantuan Bagi Korban Banjir Bandang

Kamis, 16 Mei 2024 14:11 WIB
Menhan Prabowo Subianto secara simbolis melepas bantuan bagi korban banjir bandang Sumatera Barat, di Bandara International Minangkabau, Kamis (16/5/2024). (Foto: Kemenhan)
Menhan Prabowo Subianto secara simbolis melepas bantuan bagi korban banjir bandang Sumatera Barat, di Bandara International Minangkabau, Kamis (16/5/2024). (Foto: Kemenhan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto hari ini menyambangi Padang, Sumatera Barat (Sumbar), untuk memberikan bantuan bagi korban banjir bandang bercampur lahar di provinsi tersebut.

Prabowo bertolak dari Qatar, Uni Emirat Arab (UEA), usai melakukan kunjungan kerja. Dia tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Sumbar sekitar pukul 10.00 WIB.

“Saya putuskan langsung dari Doha bertolak ke Padang, Sumatera Barat untuk memberikan bantuan, melihat kondisi saudara-saudara kita di sana dan berkoordinasi dengan seluruh aparat pemerintah dan masyarakat yang terlibat dalam penanggulangan darurat bencana,” kata Prabowo, dalam sambutannya di halaman ruang VIP BIM Sumbar, Kamis (16/5/2024).

Prabowo juga menyampaikan duka cita atas bencana banjir bandang yang melanda Sumbar.

Baca juga : Baznas Kerahkan 39 Tim Kamanusiaan Banjir Bandang Sumbar Selama Sebulan

Presiden Indonesia terpilih periode 2024-2029 itu kemudian merinci bantuan dari Kemenhan dan unsur lainnya yang diangkut dengan 17 truk.

Rinciannya yakni, 20 ton beras, 1.000 paket obat-obatan, 10.000 dus mi instan, hingga 600 pasang sepatu boot. Kemudian, ada juga 3.000 helai selimut dan 3.000 paket alat mandi.

Prabowo juga sempat mengecek bantuan di dalam truk yang akan disalurkan kepada pada korban.

“Kami akan pantau terus, apa yang bisa kami bantu,” ucap Prabowo.

Baca juga : Bicara Di Qatar Economic Forum, Prabowo Beberkan Jurus Ekonomi RI Tembus 8%

Ketua Umum Partai Gerindra itu tak lupa mengucapkan terima kasih atas seluruh pihak terkait yang membantu proses penyelamatan para korban.

“Kita mengerti negara kita rawan bencana. Sekali lagi, kita turut berduka cita dan berdoa kepada Yang Maha Kuasa untuk diberikan kekuatan, bersama-sama bekerja keras segera memulihkan keadaan,” tutup Prabowo.

Dari halaman BIM, Prabowo secara simbolis melepas bantuan untuk korban banjir bandang. Bantuan itu diberangkatkan ke Agam dan Tanah Datar menggunakan truk TNI.

Dia juga sempat berfoto dan menyalami masyarakat serta kader partai Gerindra yang telah menunggunya. Setelah 20 menit di BIM, Prabowo bertolak kembali ke Jakarta.

Baca juga : BNI Kembali Berikan Bantuan untuk Korban Bencana Alam Sumbar

Dalam kegiatan tersebut, Prabowo didampingi anggota DPR RI Andre Rosiade, Kepala BNPB Suharyanto, dan Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan.

Hadir pula Gubernur Sumbar Mahyeldi, Wagub Audy Joinaldy, Bupati Tanah Datar Eka Putra, Bupati Agam Andri Warman, Pj Wali Kota Padang Panjang Sonny Budaya Putra, dan Pj Wali Kota Padang Andree Algamar.

Bencana banjir bandang bercampur lahar melanda Tanah Datar, Agam dan Padang Panjang.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Kamis, (16/5/2024), korban tewas mencapai 67 orang, 20 orang hilang, dan 44 lainnya mengalami luka-luka.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.