Dark/Light Mode

Cegah Haji Ilegal, Saudi Terapkan Check Point di 5 Titik Menuju Makkah

Jumat, 31 Mei 2024 09:13 WIB
Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah Jasam. (Foto: Eza/MCH 2024)
Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah Jasam. (Foto: Eza/MCH 2024)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Arab Saudi memperketat pemeriksaan visa untuk mencegah masuknya jemaah haji ilegal ke Makkah. Ada lima titik check point (pos pemeriksaan) yang dibuat Saudi di pintu masuk Makkah. Tiga titik dari untuk dari arah Madinah, dua titik untuk dari arah Jeddah.

"Kalau dari Jeddah ke Makkah ini ada dua (check point). Pertama di Shumaisi, kedua di daerah Zaidi," ujar Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah Jasam, di Kantor Daerah Kerja (Daker) Makkah, Kamis (30/5).

Baca juga : Hasil Bilateral WWF, Tol Balikpapan-IKN Siap Terapkan Teknologi Pintar Dari Finlandia

Nasrullah menerangkan, pemeriksaan ini "tidak kenal bulu". Dirinya, yang merupakan Ketua PPIH juga selalu diperiksa. Nasrullah sangat sering ikut dicek karena dirinya amat sering keluar masuk Makkah.

"Hampir tiap hari saya ke Makkah. Itu di Shumaisi itu ada check point rutin dari Pemerintah Arab Saudi. Karena saya punya tasreh murur (surat izin) untuk izin masuk Makkah, itu bukan hanya diperlihatkan kertasnya saja, tapi dicocokkan dengan alat yang mereka punya," terangnya.

Baca juga : Di Tengah Kemajuan, Seoul Berjuang Hadapi Kesenjangan Dan Populasi Menua

Jika surat izin yang dibawa itu sesuai dengan hasil deteksi alat petugas, baru bisa lewat menuju Makkah. Jika tidak cocok, maka biasanya akan dibelokkan ke luar area itu.

"Jadi, kami pun yang di Arab Saudi itu ketika masuk ke Makkah, itu mendapatkan pemeriksaan yang cukup ketat. Tiap hari diperiksa," kata Nasrullah.

Baca juga : Jemaah Haji Jangan Bawa Rokok Terlalu Banyak, Bisa Didenda

Untuk jalur Madinah-Makkah check point ada di tiga titik. Yaitu di daerah setelah Dzul Hulaifah (MasjidbBir Ali), pertengahan jalur Madinah-Makkah, dan di daerah Al-Jumum.

"Kalau dari Madinah, malah sejak ngambil Miqat di Bir Ali sudah dicek. Belum lagi nanti beberapa check point, mungkin kalau nggak salah ada tiga," jelas dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.