Dark/Light Mode

Pulang ke Tanah Air, Jemaah Haji Penuh Gembira, Puji Kinerja Menag

Sabtu, 22 Juni 2024 18:39 WIB
Senyum bahagia jemaah haji saat akan pulang ke Tanah Air. (Foto: MCH 2024)
Senyum bahagia jemaah haji saat akan pulang ke Tanah Air. (Foto: MCH 2024)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jemaah haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 1 Embarkasi Surabaya (SUB 01) mengawali pemulangan gelombang pertama jemaah Indonesia ke Tanah Air, Sabtu (22/6/2024) dini hari. Jemaah haji asal Bojonegoro itu terbang dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, pukul 3.15.

Para jemaah tiba di Bandara Jeddah, Jumat malam, pukul 21.15. Sebelum jemaah turun dari bus, masing-masing ketua rombongan membagikan paspor jemaah di dalam bus.

Ketika paspor diterima, jemaah turun satu persatu dari bus milik Tasyarik dan diarahkan menuju paviliun B bandara untuk istirahat sejenak sembari menunggu proses check in.

Baca juga : Daging Dam Haji Digunakan untuk Atasi Anak Stunting

Kloter SUB 01 dijadwalkan take off menuju Indonesia pada pukul 03.15 WAS. Dijadwalkan akan tiba di Bandara Djuanda Surabaya, pada pukul 21.05 WIB. Dengan maskapai Saudi Arabia Airlines dengan nomor penerbangan SV - 5632, total mengangkut 371 orang. Rinciannya 366 jemaah dan 5 petugas haji. Pemulangan kloter SUB 01 kemudian diikuti tiga kloter lain yakni BTH 01, SUB 02 dan 03.

Saat tiba di bandara, raut kegembiraan terlihat jelas di wajah para jemaah. Yang muda, dewasa, hingga jemaah lansia, semua tampak bahagia.

Karto Diprayitno (73 tahun), sangat senang bisa menunaikan ibadah haji dan dapat kembali ke Tanah Air dengan senat dan selamat. Dia juga memuji pelayanan yang diberikan petugas haji dan Kementerian Agama (Kemenag).

Baca juga : Fase Pemulangan Dimulai, Kemenag Doakan Jemaah Haji Raih Kemabruran

"Paling berkesan itu hotelnya bagus. Prasmanannya (makanan) bagus. Semuanya bagus, Alhamdulillah. Pelayanan bagus semua," ucapnya.

Dia juga puas dengan pemondokan saat mabit (bermalam) di Mina. Dia merasa cukup nyaman, meski kondisi tenda memang tidak seluas seperti di Arafah.

"Memang di Mina sempit, tapi ya wajarlah orangnya banyak. Nggak adak masalah, karena niatnya kita ibadah kan," imbuhnya.

Baca juga : Fase Mina Selesai, Jemaah Haji Bersiap Tawaf Ifadhah

Dia lalu mendoakan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dan jajaran serta para petugas haji tahun ini dapat menuntaskan kerja dengan sehat dan lancar. "Semoga Pak Menteri, Pak Yaqut sehat semua, terus besok bisa bagus lagi kepemimpinannya. Oke, mantap Pak Yaqut," ujarnya, sambil tersenyum. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.