Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Dubes Al Busyra: Ekonomi Maju Pesat, Afrika Makin Dilirik Negara Maju

Senin, 29 November 2021 22:43 WIB
Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur saat kuliah umum yang diselenggarakan oleh program studi Hubungan Internasional, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (29/11). (Foto: Ist)
Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur saat kuliah umum yang diselenggarakan oleh program studi Hubungan Internasional, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (29/11). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur memaparkan panjang lebar tentang sejarah, perkembangan dan prospek ke depan hubungan Indonesia dengan negara-negara Afrika, khususnya Ethiopia.

Paparan itu disampaikan Dubes Busyra secara virtual saat kuliah umum yang diselenggarakan oleh program studi Hubungan Internasional, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (29/11).

Baca juga : Mensos Salurkan Bantuan ATENSI Kepada 382 Penerima Manfaat Di Palangkaraya

"Indonesia memiliki hubungan historis yang telah berlangsung sejak lama dengan negara-negara Afrika, terutama dimulai sejak Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan di Bandung pada April 1955," kata Dubes Al Busyra di hadapan sekitar 100 mahasiswa universitas tersebut. 

Kata Dubes Busyra, dalam beberapa puluh tahun terakhir, Afrika mengalami perkembangan penting terutama di bidang ekonomi dan pembangunan.

Baca juga : Ekonomi Pulih, Penerimaan Negara Naik Lagi

"Namun, banyak masyarakat di Indonesia yang belum mengetahui perkembangan tersebut sehingga saya perlu membuka mata mahasiswa tentang kemajuan yang terjadi di benua Afrika saat ini," tambah Dubes Busyra.

Dubes Busyra juga menjelaskan, banyaknya negara ekonomi maju yang beramai-ramai masuk ke benua Afrika sejak 30 tahun terakhir. Terutama melalui program dan proyek kerja sama ekonomi.

Baca juga : Dubes Al Busyra Dorong Pemuda Sukseskan Presidensi Indonesia Di G20

Pada kesempatan itu, Dubes Busyra mendorong mahasiswa dan pemuda meningkatkan peran dalam penyelenggaraan diplomasi publik Indonesia. Peran itu terutama dengan meningkatkan jejaring internasional dan kerjasama global. 

Dubes Busyra juga menyampaikan lima pesan utama kepada mahasiswa yaitu, bekerja dengan cerdas, kuasai bahasa asing dengan baik, perkuat jejaring kerja, kembangkan kecerdasan emotional dan selalu ingin ada perubahan yang lebih baik ke depan. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.