Dark/Light Mode

Sinovac Uji Coba Kemampuan Vaksin Bikinannya Untuk Lawan Omicron

Kamis, 9 Desember 2021 14:19 WIB
Ilustrasi vaksin Sinovac (Foto: Net)
Ilustrasi vaksin Sinovac (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sinovac Biotech, perusahaan vaksin Covid-19 asal China yang produknya telah dipakai lebih dari 2 miliar warga dunia mengumumkan, pihaknya tengah melakukan uji coba kemampuan vaksin berbasis inactivated terhadap varian Omicron dalam sejumlah studi laboratorium.

Sinovac telah mendapatkan sampel varian Omicron untuk penelitian, yang digunakan untuk mempelajari kemampuan antibodi vaksin dalam merespons virus hidup.

Pengumuman ini disampaikan, setelah Pfizer yang bekerja sama dengan BioNTech, menyebut adanya penurunan level antibodi dalam menetralisir varian Omicron, dibanding varian sebelumnya.

Baca juga : Jangan Lupakan Omicron!

Dalam kondisi ini, vaksin booster diyakini mampu memberikan perlindungan yang memadai.

“Saat ini, Sinovac tengah melakukan studi serupa dengan menggunakan pseudovirus, yang merupakan modifikasi genetik untuk patogen,” demikian pernyataan Sinovac, seperti dilansir Bloomberg, Kamis (9/12).

Penelitian ini akan memberikan insight pertama dan tercepat tentang bagaimana kemampuan vaksin berbasis inactivated menangkal varian Omicron.

Baca juga : Ewindo Dukung Pipanisasi Untuk Petani Jember

Meski masih sangat efektif dalam menangkal penyakit bergejala berat dan menekan angka kematian, Sinovac memiliki tingkat efikasi yang lebih rendah dibanding vaksin mRNA, dalam melawan varian Covid sebelum Omicron.

Saat ini, muncul kekhawatiran, Omicron dapat memberikan hantaman yang jauh lebih besar dibanding varian Delta.

Namun, lonjakan kasus di Afrika Selatan yang hingga kini belum membuat rumah sakit kewalahan, membangkitkan optimisme dunia bahwa Omicron hanya memunculkan gejala ringan. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.