Dark/Light Mode

Banjir Terjang Kecamatan Kalibaru Banyuwangi, 53 rumah Terendam

Sabtu, 20 November 2021 10:34 WIB
Banjir di Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: BNPB)
Banjir di Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi melaporkan, sebanyak 53 unit rumah warga Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, terendam banjir. Bencana itu terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah itu pada Jumat (19/11), pukul 14.35 WIB. 53 rumah terendam air dengan ketinggian 50-60 sentimeter. 

BPBD Kabupaten Banyuwangi segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait guna melakukan penanganan dan kaji cepat di lapangan. "Penyiapan bantuan juga tengah dilakukan bagi para warga terdampak," ujar Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam siaran pers, Sabtu (20/11).

Baca juga : Cek Lokasi Bencana Banjir-Longsor Di Kecamatan Sibolangit, Mensos Instruksikan Pendirian 7 Titik Lumbung Sosial

Banjir dan tanah longsor juga terjadi di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur pada Kamis (18/11), pukul 19.35 WITA. Dilaporkan terdapat lima kecamatan terdampak. Kelimanya yakni Kecamatan Ende Timur, Kecamatan Ende Selatan, Kecamatan Ende Tengah, Kecamatan Ende Utara dan Kecamatan Ndona.

BPBD Kabupaten Ende melaporkan, terdapat satu warga mengalami luka berat dan telah mendapatkan perawatan di RSUD Ende. Selain itu, sebanyak 247 unit rumah terendam banjir dengan ketinggian air sekitar 120 sentimeter.

Baca juga : Kalau Bisa Dipersulit, Kenapa Mesti Dipermudah?

BPBD Kabupaten Ende menerjunkan tim ke lokasi untuk melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan lintas instansi terkait.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.