Dark/Light Mode

1.200 WNI Hadiri HBH di KBRI Bangkok

Rabu, 5 Juni 2019 14:54 WIB
Suasana salat Idul Fitri di Gedung Olah Raga KBRI Bangkok, Thailand. (Foto KBRI)
Suasana salat Idul Fitri di Gedung Olah Raga KBRI Bangkok, Thailand. (Foto KBRI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekitar 1.200 berbondong-bondong memasuki Kedutaan Besar RepubIik Indonesia (KBRI) Bangkok, Thailand, sejak pukul enam pagi guna melaksanakan salat Idul Fitri di Gedung Olah Raga (Sport Hall) KBRI Bangkok, hari ini. Mengawali salat,  jamaah mengumandangkan takbir, tahlil dan tahmid sebagai tanda menyambut hari kemenangan setelah satu bulan melaksanakan ibadah puasa.

Tampak di antara jamaah adalah Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand  Ahmad Rusdi dan istri, Anita dan keluarga. Masyarakat Indonesia yang hadir, tidak saja Warga Indonesia yang berdomisili di Bangkok dan sekitarnya, tetapi juga banyak yang sedang melakukan perjalanan wisata di Bangkok. 

Baca juga : Jenazah Ibu Ani Tiba di KBRI Singapura

Bertindak sebagai Imam adalah Prof Mustari, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, sedangkan sebagai Khatib adalah Ustadz Taufid Hidayat Nazar, Lc., M.H, Da’I Ambassador Thailand dari Dompet Dhuafa.

Dalam khutbahnya yang berjudul “Istiqomah dalam Ketaatan”, disampaikan, amalan seorang hamba seusai dengan ibadah puasa selama Ramadan adalah istiqomah, yaitu suatu amalan yang menghendaki konsistensi, bahkan peningkatan dalam ketaatan kepada Allah Ta’ala. Khotib menyinggung tiga hal yang harus dilakukan untuk merawat istiqomah ini yaitu iman yang mantap diiringi dengan amal baik, ilmu, wawasan serta pengetahuan yang menuntun untuk mengenal Yang Maha Pencipta.

Baca juga : BNI Hadirkan Hunian Bagi Kaum Milenial

Usai salat Id, masyarakat Indonesia berbondong-bondong menuju Wisma Duta untuk menghadiri acara halal bihalal. Acara tersebut tidak hanya dihadiri masyarakat Indonesia yang beragama Islam, namun juga dari pemeluk agama lain, dan beberapa kelompok masyarakat asing yang merupakan friends of Indonesia.

Suasana hangat dan penuh persahabatan sangat terasa pada acara open house tersebut, di mana warga masyarakat Indonesia saling bersilaturahmi, bermaaf-maafan dan temu kangen. Suasana Hari Raya kian terasa dengan disajikannya kuliner raya khas tanah air seperti ketupat, gulai, opor, dan rendang serta sate.

Baca juga : Kambing Guling Obati Kerinduan Tanah Air

Dalam keterangan pers KBRI Bangkok kepada RMCo.id Duta Besar Ahmad Rusdi mengatakan, suasana hangat dan hidangan Lebaran ini merupakan penawar rindu warga Indonesia yang sedang berada jauh dari tanah air dan sanak saudara, serta momen yang sangat tepat untuk memperkuat kembali rasa persaudaraan dan persatuan setelah usainya pelaksanaan Pemilu pada bulan April lalu. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.