Dark/Light Mode

Partai Komunis China Siapkan 3.000 Kader Anak Muda

Jumat, 7 Juni 2019 15:36 WIB
Presiden China Xi Jinping
Presiden China Xi Jinping

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Komunis China mencari 3.000 kader anak muda untuk untuk dipromosikan menjelang kongres lima tahunan. Pada 2022. Langkah ini untuk meminimalisir kesenjangan generasi sekaligus mempersiapkan pemimpin masa depan.

Menurut sumber The Straits Times, Presiden Xi Jinping bermaksud untuk menempatkan kader-kader itu pada posisi-posisi penting di pemerintah provinsi dan kota, aparat partai, menteri kabinet dan perusahaan milik negara untuk menguji kesetiaan, kompetensi, dan keberanian mereka.

"Ini adalah Rencana Besar Seratus Tahun Xi untuk memilih pemimpin yang setia, andal, dan mampu untuk masa yang akan datang," kata sumber The Strait Times.

Hu Haifeng, satu-satunya putra pendahulu Xi, Hu Jintao, kemungkinan dilirik. Tapi tidak jelas kapan dia akan dipromosikan atau posisi apa yang akan dia dapatkan.

Baca juga : Servis Konsumen, Toyota Bikin 316 Posko Mudik

Hu muda memegang posisi yang setara dengan direktur jenderal  kementerian, sebagai sekretaris partai kota Lishui, di provinsi pesisir kaya, Zhejiang.

Xi telah meminta organisasi, bulan lalu, mengidentifikasi kader muda untuk promosi sebelum kongres ke-20 partai pada 2022. Xi, yang juga ketua partai, mengungkapkan kriterianya bagi para kader yang akan dipromosikan. "Mereka harus setia, tulus dan jujur dan patuh dan mengikuti partai," kata Xi, seraya menambahkan, para kandidat harus berterima kasih kepada rakyat, memotivasi diri sendiri, menghormati dan takut akan hukum, serta disiplin.

Berdasarkan rekomendasi dari departemen kementerian dan provinsi, calon akan diminta untuk menulis esai tentang diri mereka sendiri, aspirasi politik mereka dan pandangan internasionalnya. Para pejabat departemen tingkat pusat akan menyebar ke seluruh negeri dan mewawancarai para kader secara langsung. Tak hanya itu, penyelidik anti-korupsi akan melakukan pemeriksaan latar belakang mereka dan keluarganya.

Sekitar 1.000 kader yang lahir pada 1970-an akan disiapkan untuk posisi yang setara dengan menteri kabinet atau wakil menteri menjelang kongres ke-20, atau setelah sidang Parlemen pada 2023.

Baca juga : Partainya SBY Bawa 70 Gugatan Ke MK

Sedangkan 2.000 kandidat yang lahir pada 1980-an akan dipersiapkan untuk menjadi setidaknya direktur jenderal dari atau pemerintah provinsi. Nama dapat ditambahkan atau dikeluarkan dari daftar, yang akan mencakup wanita dan anggota kelompok etnis minoritas, kecuali perwira Tentara Pembebasan Rakyat.

Dilansir the Strait Times, kantor juru bicara partai tidak menanggapi permintaan telepon dan faks untuk memberikan komentar terkait informasi tersebut.

Xi adalah pemimpin generasi kelima negara itu setelah Ketua Mao Zedong, pemimpin terpenting Deng Xiaoping, dan mantan presiden Jiang Zemin dan Hu Jintao. Ketua Mao mendirikan Republik Rakyat China pada tahun 1949. Xi tidak memiliki banyak basis kekuatan ketika ia mengambil alih kepemimpinan pada 2012, dan harus bergantung pada orang-orang yang ia kenal sejak di Universitas Tsinghua dan selama masa tugasnya di provinsi Hebei, Fujian dan Zhejiang, serta Shanghai. Membangun basis kekuatan pribadi dan berkampanye untuk promosi adalah tabu dalam komunisme.

Xi tidak menunjuk pengganti ketika kongres partai ke-19 pada 2017, sebuah indikasi ia akan tetap berkuasa setelah 2022. Itu juga merupakan penyimpangan dari praktik yang berlangsung 25 tahun, di mana pengganti dipilih pendahulunya.

Baca juga : Pertamina Siapkan 5.000 Tabung LPG 3 Kg di Sulteng

Tahun lalu, Parlemen membatalkan batas dua periode masa jabatan presiden, suatu sinyal bahwa Xi akan bertahan setelah kongres ke-20. Partai mengadakan kongres setiap lima tahun sekali. Xi diperkirakan akan menunjuk calon penggantinya di kongres berikutnya ketika ia semakin mengkonsolidasikan kekuasaan. Tetapi tidak jelas apakah pemimpin generasi keenam adalah seseorang yang lahir pada 1960-an atau 1970-an.

Partai ini mengalami kesenjangan generasi. Menurut penelitian StraitsTimes. Hanya lima politisi kelahiran 1970-an di antara anggota Komite Sentral dan anggota Komite Tetap provinsi, berpangkat setara dengan wakil menteri kabinet atau wakil gubernur provinsi. Hanya dua dari 172 anggota pengganti Komite Sentral, dua tingkat di bawah Politbiro. Dua puluh adalah perempuan dan 22 dari kelompok etnis minoritas. Dari 213 anggota Komite Tetap provinsi partai, tiga lahir pada 1970-an. Dua puluh delapan adalah perempuan, sementara 48 termasuk dalam kelompok etnis minoritas. Yang paling menonjol dari mereka yang lahir pada 1970an adalah Zhuge Yujie(48) anggota Komite Tetap Shanghai yang juga sekretaris jenderal komite partai kota.

"Kader-kader yang lahir pada 1950-an atau 1960-an tidak lantas berutang budi pada Xi, tetapi 3.000 orang pasti akan setia kepadanya," kata sumber partai. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.