Dark/Light Mode

Genjot Bisnis Kopi, KBRI Bangkok Gelar Coffee Cupping Digelar di Bangkok

Kamis, 30 Desember 2021 11:51 WIB
Wakil Kepala Perwakilan / DCM KBRI Bangkok Sukmo Yuwono (kanan) dalam acara Coffee Cupping di Bangkok, Thailand, Senin, 27 Desember 2021. (Foto KBRI Bangkok)
Wakil Kepala Perwakilan / DCM KBRI Bangkok Sukmo Yuwono (kanan) dalam acara Coffee Cupping di Bangkok, Thailand, Senin, 27 Desember 2021. (Foto KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam upaya promosi kopi special (specialty coffee) Indonesia, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok bekerja sama dengan Asosiasi Kopi dan Teh Thailand mengadakan coffee cupping, Senin (27/12).

Dalam acara ini, KBRI Bangkok juga menggandeng Ephraim Coffee yang menyuguhkan berbagai jenis kopi spesial Indonesia. Yakni, Java Blackcurrant, Java Orange, Java Apple Sparkling, Espresso Salty, Java Aromanis, Bali Kintamani, Mandailing, Flores dan Toraja.

Baca juga : Tanpa Penonton, Kompetisi Bola Voli Proliga Digelar Awal Tahun Depan

Menurut Ferry Kusnadi, coffee roaster asal Bandung, Jawa Barat, yang juga pemilik Ephraim Coffee, kesembilan jenis kopi tersebut memiliki cara pemrosesan tersendiri untuk menghasilkan minuman kopi dengan rasa yang unik dan aroma kopi yang khas.

Dalam hal ini sebagai contoh, Java Orange diolah melalui proses fermentasi sehingga menimbulkan aroma buah-buahan. Begitu pula Java Apple Sparkling dengan proses berbeda muncul rasa manis dan asam. Tidak kalah unik, jenis Espresso Salty dengan rasa asin alami. Ketiga jenis kopi ini berasal dari Jawa Barat.

Baca juga : Peluang Ekspor Tinggi, KBRI Moskow Gelar Festival Kopi Ketiga

Dalam sambutannya, Wakil Kepala Perwakilan KBRI Bangkok, Sukmo Yuwono mengatakan, coffee cupping menjadi kegiatan tahunan untuk promosikan kopi Indonesia.

“Kami harapkan pelaku usaha dan ahli kopi di Thailand lebih mengenal beragam jenis kopi Indonesia. Melalui kegiatan coffee cupping dapat tercipta kerja sama bisnis yang saling menguntungkan,” kata Sukmo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.