Dark/Light Mode

Genjot Bisnis Kopi, KBRI Bangkok Gelar Coffee Cupping Digelar di Bangkok

Kamis, 30 Desember 2021 11:51 WIB
Wakil Kepala Perwakilan / DCM KBRI Bangkok Sukmo Yuwono (kanan) dalam acara Coffee Cupping di Bangkok, Thailand, Senin, 27 Desember 2021. (Foto KBRI Bangkok)
Wakil Kepala Perwakilan / DCM KBRI Bangkok Sukmo Yuwono (kanan) dalam acara Coffee Cupping di Bangkok, Thailand, Senin, 27 Desember 2021. (Foto KBRI Bangkok)

 Sebelumnya 
Pada kesempatan yang sama, Ketua Asosiasi Kopi dan Teh Thailand, Dr Teewarat Wongworatat mengapresiasi kegiatan promosi kopi Indonesia di Thailand.

“Asosiasi Kopi Thailand mendukung kegiatan seperti ini diadakan tidak saja untuk membangun dan meningkatkan pengetahuan mengenai cita rasa kopi Indonesia. Coffee cupping berguna memperkuat kerja sama perdagangan Indonesia dan Thailand,” tutur Teewarat.

Baca juga : Tanpa Penonton, Kompetisi Bola Voli Proliga Digelar Awal Tahun Depan

Thailand memproduksi kopi sekitar 30 ribu ton yang mengalami penurunan tiap tahunnya. Pangsa produksi kopi Thailand di ASEAN hanya 1,2% dibanding Indonesia yang 28%. Sedangkan Vietnam hampir 70%.

Lebih dari 65 penggiat kopi Thailand dari berbagai kalangan seperti anggota asosiasi kopi, roaster, grader, pemilik coffee shop, ahli kopi, barista dan perwakilan dari Department of Agriculture Thailand dengan antusias mengikuti acara tersebut.

Baca juga : Peluang Ekspor Tinggi, KBRI Moskow Gelar Festival Kopi Ketiga

Para peserta menyimpulkan, kopi Indonesia memiliki identitas dan juga kekhasan. Kopi-kopi ini sangat bagus untuk disediakan pula level komersialnya. Karena mempunyai potensi pasar di Thailand.

Kopi adalah produk kebanggaan Indonesia yang mendunia. Dari lahan 1,2 juta hektar, kemampuan produksi kopi Indonesia mencapai 765 ribu ton jenis arabika, robusta dan liberika, termasuk specialty coffee.

Baca juga : Peringati Hari Pahlawan, KBRI Den Haag Gelar Diskusi Kebangsaan

Berdasarkan statistik, Indonesia merupakan produsen kopi ke-4 terbesar di dunia. Volume ekspor ke Thailand pada Januari hingga Oktober 2021 sebesar 4.690 ton. Jumlah ini meningkat 58% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Indonesia menjadi pemasok kopi ke-3 di Thailand, setelah Vietnam dan Laos. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.