Dewan Pers

Dark/Light Mode

Dubes Salman Ingin Kerja Sama Erat Dengan Afsel, Berlanjut Di IORA

Kamis, 13 Januari 2022 23:56 WIB
Dubes RI untuk Afsel Salman Al Farisi (ketiga kanan) foto bareng Wamenlu Afsel Candith Mashego-Dlamini usai jamuan makan siang perpisahan, Kamis (13/1). (Foto: KBRI Pretoria)
Dubes RI untuk Afsel Salman Al Farisi (ketiga kanan) foto bareng Wamenlu Afsel Candith Mashego-Dlamini usai jamuan makan siang perpisahan, Kamis (13/1). (Foto: KBRI Pretoria)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Salman Al Farisi menghadiri jamuan makan siang yang diselenggarakan Wakil Menteri Luar Negeri Afrika Selatan (Wamenlu Afsel) Candith Mashego-Dlamini, Kamis (13/1).

Jamuan makan siang tersebut merupakan acara perpisahan Dubes Salman, yang akan segera meninggalkan Pretoria untuk menjabat sebagai Sekretaris Jenderal IORA yang bertempat di Mauritius.

 

 

Pertemuan tersebut dihadiri para Dubes serta perwakilan dari ketujuh perwakilan negara-negara ASEAN yang ada di Pretoria, serta para pejabat dari Kementerian Luar Negeri Afrika Selatan.

Berita Terkait : Airlangga Puji Kerja Sama Golkar Dengan Gubernur Khofifah

Dalam pertemuan tersebut, Wamenlu Mashego-Dlamini menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Dubes Salman atas segala capaian yang ditorehkan selama menjabat sebagai Dubes RI Pretoria.

Selain itu, Wamenlu Mashego-Dlamini juga menegaskan komitmen Afsel dalam mendukung keketuaan Indonesia di G20 pada tahun 2022.

“Afsel siap untuk mendukung keketuaan Indonesia di G20, dan bersama-sama akan mendorong upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19," ujar Mashego-Dlamini.

Dia juga turut memberikan apresiasi terhadap peran Indonesia di Forum IORA.

"Dengan kepemimpinan Indonesia di IORA, khususnya kesuksesan dalam menyelenggarakan Leader’s Summit in 2017 yang menghasilkan the Jakarta Concord, sudah saatnya bagi perwakilan dari Indonesia untuk menjabat kursi Sekretaris Jenderal IORA," tuturnya.

Berita Terkait : Dubes Mesir Ashraf Sultan Silaturahmi Dengan Ketum PBNU Baru

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Salman menyampaikan penghargaan terhadap pemerintah Afrika Selatan, yang telah bekerja sama dengan baik dalam menjalankan program-program strategis, yang ditujukan untuk memperkuat hubungan kedua negara. Di tengah berbagai halangan yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19.

Dubes Salman juga menekankan keinginannya untuk bekerja sama secara erat dengan Afsel, dalam kapasitasnya sebagai Sekretaris Jenderal IORA.

“Saya menantikan untuk bekerja sama dengan Pemerintah Afrika Selatan. IORA ingin bekerja sama secara erat dengan negara-negara anggota," ucapnya.

Pada sesi tersebut, kedua pihak turut membahas berbagai isu kerjasama dalam konteks keketuaan Indonesia di G20. Antara lain, kerjabsama dengan AUDA-NEPAD dan potensi pemasaran jamu di Afrika Selatan.

Popularitas kain batik di kalangan masyarakat Afsel yang selama ini dikenal dengan ‘Madiba Shirt’, juga jadintopik seru.

Berita Terkait : Dukung Sepak Bola Nasional, Garuda Indonesia Jalin Kerja Sama Dengan Liga Indonesia Baru

Dalam hal ini, Mashego-Dlamini menyampaikan apresiasi terhadap Dharma Wanita Persatuan KBRI Pretoria, yang senantiasa aktif mempromosikan batik melalui berbagai program, yang mengikutsertakan sejumlah kalangan di Afsel.

"Keaktifan Dharma Wanita Persatuan dalam mempromosikan batik perlu diapresiasi. Hal tersebut telah mengoreksi pemahaman masyarakat Afsel, bahwa batik tidak hanya terbatas kepada pakaian pria," pungkas Mashego-Dlamini. [HES]