Dark/Light Mode

Jerman Sumbang Alat Medis Dan 9 Juta Dosis Vaksin Covid Ke Indonesia

Selasa, 25 Januari 2022 12:18 WIB
Vaksin Covid-19 bantuan Jerman. (Foto Kedubes Jerman Hanoi)
Vaksin Covid-19 bantuan Jerman. (Foto Kedubes Jerman Hanoi)

 Sebelumnya 
Menkes Budi Gunadi Sadikin mewakili pemerintah Republik Indonesia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Republik Federal Jerman atas donasinya.

"Kerja sama bilateral, serta dukungan dari setiap pemangku kebijakan yang terkait, merupakan kunci utama penanganan pandemi ini. Kami berharap bahwa pandemi ini bisa berakhir dalam waktu dekat," katanya.

Baca juga : Jelang Balap Motor Di Mandalika, Pemerintah Genjot Vaksinasi Covid-19

Pada 2022, Jerman akan mengirimkan sekitar 175 juta dosis vaksin ke negara-negara berkembang dan menuju maju. Sebagian besar disalurkan melalui platform Covax facility (program bersama mempercepat penelitian, produksi, dan akses yang setara atas vaksin Covid-19). 

Jerman sejak awal telah memperjuangkan respons solidaritas bersama untuk melawan pandemi berlandaskan prinsip "tidak ada yang aman sampai semua orang aman". Tagline itu menjadi dasar pembentukan akselerator akses peralatan Covid-19 (ACT-Accelerator) pada 2020.

Baca juga : Lurah Dan 32 Anak Buah Positif Covid, Kelurahan Gondangdia Lockdown

Tujuan ACT-Accelerator adalah mendorong akses setara bagi semua terhadap vaksin, obat-obatan dan alat diagnostik serta memperkuat sistem kesehatan.

Selain menyumbangkan vaksin, Jerman juga merupakan donor kedua terbesar yang mendukung ACT-Accelerator dengan dana 2,2 miliar euro (sekitar Rp 33,5 triliun rupiah). Sebagian besar dana ini disalurkan ke platform vaksin internasional Covax.

Baca juga : Kemendagri Turun Tangan Mediasi Perbaikan Jalan Rusak Di Kudus

Covax secara keseluruhan telah memasok lebih dari 610 juta dosis vaksin Covid-19 ke 144 negara dan wilayah.[MEL

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.