Dark/Light Mode

Dubes Mayerfas Resmikan Asosiasi Pengusaha Indonesia Di Belanda

Kamis, 27 Januari 2022 20:04 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Belanda Mayerfas. (Foto: Istimewa)
Duta Besar Indonesia untuk Belanda Mayerfas. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Asosiasi ini, lanjutnya, diharapkan bisa menjadi platform strategis dengan mitra strategis di Belanda, memperkenalkan produk nasional serta menjadi wadah networking bagi pengusaha Indonesia di Belanda. Pembentukan Aspina Belanda yang diinisiasi oleh Fungsi Ekonomi KBRI Den Haag ini merupakan yang pertama kalinya.

Serangkaian pertemuan dan diskusi, termasuk verifikasi data, berlangsung dalam setahun terakhir di tengah pandemi Covid-19, hingga para pengusaha sepakat membentuk asosiasi.

Baca juga : Kemenkop UKM Permudah Pendampingan Hukum Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil

Salah satu pengusaha yang bergabung, Takim Santosa berharap Aspina dapat menjadi wadah bagi para pengusaha untuk saling berkolaborasi.

“Setidaknya, kita mendapat manfaat untuk saling bertukar informasi karena itu penting untuk mengembangkan usaha,“ ujar Takim yang merupakan pemilik Nesia Food BV.

Baca juga : Mentan Australia Tawarin Petani Muda Indonesia Magang Di Negeri Kangguru

Sejauh ini, tercatat ada sekitar 15 ribu WNI dan 1.7 juta diaspora yang merupakan keturunan Indonesia. KBRI Den Haag mencatat saat ini terdapat sekitar 400 WNI/diaspora Indonesia di Belanda yang melakukan wirausaha dalam berbagai sektor.

Pemilik restoran mendominasi dengan jumlah sekitar 300 restoran Indonesia. Sektor lainnya adalah ekspor-impor, distributor produk Indonesia, bisnis ritel, hotel, agen perjalanan, smart technology hingga jasa konsultan.

Baca juga : Kasus Baru Dan Kematian Di Indonesia Jauh Lebih Rendah Dari Negara Lain

Belanda merupakan mitra dagang utama Indonesia di Eropa. Dari total nilai ekspor non migas Indonesia ke Eropa pada 2021 sebesar 16,2 miliar dolar AS. 4,1 miliar dolar AS di antaranya ditujukan ke Belanda. Itu membuat Belanda berada pada urutan teratas negara-negara Eropa yang mengimpor produk Indonesia.

Selain itu, Belanda juga memiliki posisi strategis dalam perdagangan di kawasan Benua Biru. Pelabuhan Rotterdam merupakan pelabuhan laut terbesar di Eropa dan Bandar Udara Schiphol Amsterdam merupakan bandara dengan lalu lintas kargo terbesar keempat di Eropa. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.