Dark/Light Mode

Dubes Jerman Ina Lepel Saksikan Penyerahan Bantuan Covid-19 Untuk Indonesia

Rabu, 26 Januari 2022 08:02 WIB
Dubes Ina Lepel (kiri) dan Menkes Budi Gunadi Sadikin (kanan) menyaksikan penyerahan simbolis bantuan obat Covid-19 dari Jerman, di kantor Kemenkes, Jakarta, Senin (24/1). (Foto: Kedubes Jerman)
Dubes Ina Lepel (kiri) dan Menkes Budi Gunadi Sadikin (kanan) menyaksikan penyerahan simbolis bantuan obat Covid-19 dari Jerman, di kantor Kemenkes, Jakarta, Senin (24/1). (Foto: Kedubes Jerman)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak Desember 2021, Jerman telah mengirimkan vaksin Covid-19 total 9.183.820 dosis. Sebagian besar dikirimkan melalui fasilitas Covax.

Secara terpisah, Jerman juga menyumbang 2.016 antibodi monoklonal of Casirivimab dan Imdevimab yang digunakan untuk terapi pengobatan Covid-19 dan 67 ventilator.

Duta Besar (Dubes) Jerman untuk Indonesia Ina Lepel dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyaksikan penyerahan bantuan secara simbolis dari Jerman ini di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (24/1).

“Bantuan itu untuk mendukung mitra kami, Republik Indonesia, dalam perjuangan bersama melawan pandemi Covid-19,” tegasnya, usai menyerahkan bantuan di hadapan Menkes Budi Gunadi Sadikin, Senin (24/1).

Baca juga : Polres Tangerang Kota Gagalkan Penyelundupan 4 Liter Sabu Cair Asal Meksiko

Lepel pun mengaku bangga dan bersyukur, karena dapat menyerahkan secara simbolis persediaan obat-obatan, ventilator medis, serta vaksin Covid-19. Dia memastikan, akan lebih banyak lagi yang masih akan datang.

Dalam pernyataan resminya, Lepel mengatakan, negaranya berkomitmen melawan pandemi bersama secara global. Terlebih, saat ini kasus Covid-19 varian Omicron meningkat jumlahnya di negaranya dan berbagai belahan dunia lain.

Indonesia, lanjutnya, merupakan salah satu negara yang mendapatkan porsi terbesar dukungan global Jerman dalam melawan pandemi.

Lepel pun menegaskan, Indonesia - Jerman harus bekerja sama lebih lanjut secara multilateral, mengakhiri pandemi dan melindungi diri rakyat kedua negara dari ancaman kesehatan di tingkat global di masa mendatang secara tuntas.

Baca juga : Jerman Sumbang Alat Medis Dan 9 Juta Dosis Vaksin Covid Ke Indonesia

"Ini sinyal kuat hubungan bilateral kami yang baik. Kami bangga merayakan Peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik ini di 2022,” sambungnya.

Sementara Menkes Budi mengucapkan terima kasih atas donasi jerman tersebut. Mewakili Pemerintah RI, dia menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggitingginya kepada Pemerintah Jerman atas donasinya, yang terdiri dari vaksin Covid-19, ventilator medis dan obat terapi Covid-19.

 

Dubes Jerman Untuk Indonesia Ina Lepel (kiri) saat bertemu dengan Menkes Budi Gunadi Sadikin di kantor Kemenkes, Senin (24/1). (Foto: Dok. Kedubes Jerman).

 

Baca juga : GERAK BS Lakukan Pengobatan Gratis Untuk Korban Erupsi Semeru

Budi menegaskan, kunci utama penanganan pandemi adalah kerja sama kedua negara dan dukungan setiap pemangku kebijakan terkait.

“Kami sungguh berharap pandemi ini bisa berakhir dalam waktu dekat,” harapnya.

Sampai akhir 2022, Jerman akan mengirimkan sedikitnya 175 juta dosis vaksin ke negara-negara berkembang dan menuju maju. Sebagian besar bantuan disalurkan melalui platform vaksin Covax, yaitu program bersama melalui kolaborasi mempercepat penelitian, produksi, dan akses yang setara atas vaksin Covid-19. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.