Dark/Light Mode

Dubes Sujatmiko Sambut Kedatangan 52 Ton Pakan Ternak Dari KAN Jatim

Rabu, 9 Februari 2022 13:04 WIB
Dubes Sujatmiko (tengah) saat menyambut langsung kedatangan 52 ton pakan ternak hasil produksi Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung Syariah, Jawa Timur, Senin (7/2).(Foto: KBRI Bandar Seri Begawan)
Dubes Sujatmiko (tengah) saat menyambut langsung kedatangan 52 ton pakan ternak hasil produksi Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung Syariah, Jawa Timur, Senin (7/2).(Foto: KBRI Bandar Seri Begawan)

 Sebelumnya 
Lebih lanjut Dubes Sujatmiko mengatakan bahwa untuk produk-produk terkait lainnya, Indonesia dapat menyediakan untuk kebutuhan pengembangan sektor pertanian dan peternakan Brunei.

Pada kesempatan tersebut, Dubes Sujatmiko juga berdiskusi dengan para pembeli yang merupakan para pelaku usaha peternakan Brunei guna menjajaki peluang atas produk potensial lainnya dari Indonesia termasuk domba hidup dan peralatan pertanian.

Para pengusaha menaruh harapan dapat mendatangkan domba siap potong asal Indonesia dalam waktu dekat guna mengantisipasi lonjakan permintaan menjelang Hari Raya Idul Adha.

Baca juga : Ketua Dewan Pertimbangan NasDem Jabar Ucapkan Selamat Hari Pers Nasional

Bahkan terungkap pula minat mengimpor daging beku asal Indonesia karena dinilai memiliki cita rasa yang cocok dengan selera masyarakat Brunei.

Bersama perkembangan sektor pertanian Brunei, mengemuka pula peluang-peluang baru yang dapat diisi dengan aneka produk dan jasa berkeunggulan asal Indonesia. Tersedia lahan di Brunei yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan produksi setempat dengan ekspor keahlian dan teknologi asal Indonesia.

Demikian pula terbuka peluang bagi produk-produk pendukung seperti pupuk, vitamin, mesin pertanian, dan bibit unggul.

Baca juga : Dubes Gandi Sulistiyanto Sambangi Situs Perdamaian Semenanjung Korea

KBRI Bandar Seri Begawan senantiasa siap memfasilitasi ekspansi ekspor produk dan jasa pertanian Indonesia ke Brunei Darussalam.

Selama empat tahun terakhir, ekspor Indonesia ke Brunei Darussalam terus melonjak. Pada 2018, Indonesia mengirimkan aneka komoditas bernilai 61,19 Juta dolar AS arau sekitar Rp 890 miliar, dan terus bertambah hingga mencatatkan angka 211,3 Juta dolar AS (Rp 3 triliun) pada 2021.

Data tahunan juga menunjukkan kecenderungan yang sama. Ekspor Indonesia ke Brunei pada 2021 tumbuh 63,95 persen dibandingkan dengan 2020, dengan penguatan terutama pada komoditas energi dan consumer goods. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.