Dark/Light Mode

Menlu RI Undang Think Tanks, Peneliti Berkontribusi Bagi G20

Rabu, 9 Februari 2022 23:04 WIB
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. (Foto Kemlu RI)
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. (Foto Kemlu RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presidensi G20 Indonesia memerlukan masukan dan ide dari think tanks dan lembaga penelitian, agar kerja G20 membawa bermanfaat bagi dunia. Khususnya negara berkembang.

“Sebagai lembaga independen, think tanks harus dapat menghasilkan solusi yang berani dan inovatif bagi berbagai tantangan global,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dalam sambutannya di Think 20 (T20) Inception Meeting, Rabu (9/2).

Baca juga : Jadi Dewan Penasihat, Ridwan Kamil Siap Berkontribusi Di ICMI

 T20 adalah forum kerja sama lembaga-lembaga think tanks dan penelitian dari seluruh negara anggota G20. Think tank dan komunitas peneliti memiliki peran penting bagi pemulihan global dengan melahirkan gagasan konkret dan rekomendasi kebijakan yang tepat sasaran bagi para pemimpin G20.

Secara khusus, Menlu Retno mengundang kontribusi T20 pada 3 sektor prioritas Presidensi G20 Indonesia. Yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi. Dalam sektor kesehatan, kesenjangan ketersediaan vaksinasi dunia harus diatasi.

Baca juga : KPK Telusuri Asal Uang Bupati Langkat Beli Mini Cooper Buat Anaknya

“Kita juga harus melihat jauh, melewati masa pandemi, bagaimana mempersiapkan dunia untuk krisis serupa di masa depan,” tutur mantan Duta Besar Indonesia untuk Belanda itu.

Beberapa cara yang dapat diupayakan T20, antara lain, peningkatan kapasitas kesehatan lokal hingga solusi inovatif bagi rantai pasok distribusi obat-obatan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.