Dark/Light Mode

Ilmuwannya Minta Sabar

Swedia Umumkan Pandemi Berakhir!

Jumat, 11 Februari 2022 07:40 WIB
Warga Swedia tanpa masker, asyik berfoto saat menunggu antrean masuk kelab malam di Malmo, Swedia, 9 Februari 2022. (Foto: AFP).
Warga Swedia tanpa masker, asyik berfoto saat menunggu antrean masuk kelab malam di Malmo, Swedia, 9 Februari 2022. (Foto: AFP).

 Sebelumnya 
Secara keseluruhan, negara-negara di Uni Eropa telah melakukan pelonggaran bagi warganya. Jadi, bagi mereka yang sudah divaksinasi penuh akan lebih mudah bepergian.

Uni Eropa merekomendasikan agar penduduk yang divaksinasi tidak diharuskan menjalani tes Covid atau tindakan karantina saat memasuki negara anggotanya.

Baca juga : Kabar Gembira, MUI Umumkan Vaksin Merah Putih Halal

Di bawah saran baru yang mulai berlaku pada 1 Februari 2022, pembatasan akan dicabut bagi mereka yang memegang Sertifikat Covid Digital Uni Eropa valid. Pendekatan terkoordinasi ini untuk memfasilitasi pergerakan bebas yang aman di seluruh Eropa.

Ini berarti para turis yang divaksinasi lengkap diizinkan bergerak bebas di sekitar 27 negara Uni Eropa, sesuai panduan masing-masing negara. Panduan pembaruan terbaru menekankan bahwa vaksinasi Covid-19, tes atau status pemulihan seseorang, dibuktikan oleh Sertifikat Covid digital UE yang valid. Ini menjadi alat penentu utama untuk perjalanan di Eropa ke depan.

Baca juga : Airlangga: Pers Bantu Indonesia Selamat Dari Hoaks Pandemi

Namun, pengecualian disarankan sehubungan perjalanan ke dan dari Daerah Merah, di mana virus beredar pada tingkat yang sangat tinggi. Mereka yang tidak memiliki sertifikat digital bakal diminta menjalani tes selambat-lambatnya 24 jam setelah kedatangan.

Sebelumnya, Direktur WHO untuk Eropa, Dr Hans Kluge, merilis pernyataan yang menunjukkan bahwa munculnya varian Omicron dapat mengakhiri “fase darurat” pandemi tahun ini. “Omicron menawarkan harapan yang masuk akal untuk stabilisasi dan normalisasi,” pungkasnya. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.