Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Nenek AS, Orang Ketiga Dunia Yang Sembuh Dari HIV, Ini Pengobatannya

Rabu, 16 Februari 2022 10:55 WIB
Seorang gadis cilik melewati pita merah simbol kesadaran terhadap AIDS yang digunakan untuk memberikan dukungan pada pengidap HIV. (Foto Reuters)
Seorang gadis cilik melewati pita merah simbol kesadaran terhadap AIDS yang digunakan untuk memberikan dukungan pada pengidap HIV. (Foto Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wanita 64 tahun di Amerika Serikat (AS) menjadi orang ketiga di dunia yang sembuh dari HIV, setelah Adam Castillejo asal Inggris dan Timothy Ray Brown asal AS. Yang luar biasanya lagi, nenek AS ini merupakan pengidap leukimia (kanker darah) pertama dunia yang sembuh dari HIV.

HIV atau human immunodeficiency virus adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Para peneliti pada Selasa (15/2) melaporkan, kasus yang dialami wanita dari ras campuran itu juga menjadi kasus pertama dari pengobatan yang melibatkan cord blood atau darah tali pusat.

Baca juga : Setelah PHSS, PHKT Juga Dapatkan Insentif Dari Pemerintah

Nenek AS itu belum dipublikasikan identitasnya. Ia sembuh dari penyakit itu setelah menerima transplantasi sel punca (stem cell) dari donor yang secara alami resisten terhadap HIV penyebab  AIDS (acquired immunodeficiency syndrome). Ini adalah pendekatan baru yang dapat membantu penyembuhan lebih banyak orang di masa depan.

Sejak menerima cord blood untuk mengobati leukemia myeloid yang diidapnya, perempuan itu kini telah dalam proses remisi (berkurangnya gejala penyakit) dan bebas dari HIV selama 14 bulan terakhir.

Baca juga : PMI Kerap Dituding Sebarkan Omicron, Benny Ramdhani Pasang Badan

Selama proses tersebut, dia tidak memerlukan pengobatan HIV yang selama ini dikenal dengan terapi antiretroviral. Untuk diketahui, leukimia myeloid adalah jenis kanker yang dimulai pada sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang.

Sebelumnya, dua mantan pengidap HIV yang sembuh menjalani prosedur transplantasi stem cell dengan menerima sel induk dewasa yang ering digunakan dalam transplantasi sumsum tulang.

Baca juga : Airlangga: Pers Bantu Indonesia Selamat Dari Hoaks Pandemi

“Sekarang ini adalah laporan ketiga dari penyembuhan di rangkaian ini, dan juga jadi perempuan yang pertama yang hidup dengan HIV,” ungkap Presiden terpilih International AIDS Society, Sharon Lewin, dalam sebuah pernyataan dikutip Reuters, Rabu (16/2).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.