Dark/Light Mode

Aksi Askar Kauny Di Semeru, Dari Rescue Hingga Recovery

Senin, 20 Desember 2021 21:09 WIB
Aksi Askar Kauny menghibur anak-anak korban erupsi Semeru. (Foto: Istimewa)
Aksi Askar Kauny menghibur anak-anak korban erupsi Semeru. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bencana di Gunung Semeru belum menunjukkan tanda-tanda usai. Setelah beberapa kali terjadi erupsi dan guguran debu, Minggu (19/12) terjadi hujan debu kembali.

Koordinator lapangan Askar Kauny, Muhammad Muslik, mengatakan, Lumajang dan sekitarnya masih lumpuh karena masih banyak lokasi tertutup abu erupsi Semeru. Salah satunya, Jembatan Gladak Perak.

Askar Kauny tanggap bencana dengan melakukan berbagai program kebencanaan. "Sejak awal bencana hingga saat ini, Askar Kauny menurunkan tim SAR membantu evakuasi pencarian jenazah dan evakuasi perabotan warga," ujarnya, seperti keterangan yang diterima redaksi, Senin (20/12).

Baca juga : Askar Kauny Bantu Pengungsi Gunung Semeru, mulai dari Rescue Hingga Recovery

Askar Kauny juga membentuk dapur umum yang menyediakan makanan gratis, mulai dari nasi, lauk pauk, hingga makanan pendamping seperti bubur kacang hijau dan buah-buahan agar lebih sehat dan bervariasi. Selain dapur umum, Askar Kauny juga membentuk dapur segar yang sifatnya lebih mobile agar dapat menjangkau banyak orang.

Hingga saat ini, ujar Muslik, sekitar 2.800 porsi makanan sudah dibagikan dengan sekitar 5.000 penerima manfaat. "Saat ini pengungsian tidak terpusat. Masih banyak pengungsi yang menginap di rumah kosong atau saudaranya jadi lebih susah untuk mengidentifikasi penyintas," ujarnya.

Selain dapur umum, Askar Kauny juga membagikan Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamax secara gratis. Sebanyak 1.000 liter akan dibagikan di dua titik terdampak bencana.

Baca juga : Indonesia CARE Hibur Pengungsi Semeru Lewat Trauma Healing

Askar Kauny juga melakukan layanan psikososial guru ngaji di 15 titik dengan 439 penerima manfaat. Askar Kauny juga melakukan Tebar Quran dan Iqra di 11 titik dengan 396 penerima manfaat. "Tim relawan Guru Ngaji yang istiqomah berkeliling posko untuk memulihkan trauma anak dengan Quranic Healing," ujarnya.

Selain guru ngaji, lanjut dia, Askar Kauny menyediakan imam untuk salat. Askar Kauny juga menebar peralatan salat serta buku bacaan. "Kami juga melakukan door to door untuk menebar selimut, bantal, obat-obatan, masker dan handuk," ujar Muslik.

Recovery Bencana 
Askar Kauny juga melakukan layanan recovery bencana, baik jangka pendek dan jangka panjang. Untuk jangka pendek, Askar Kauny melakukan layanan cleaning fasilitas ibadah, pendidikan, dan rumah warga.

Baca juga : OVO Siapkan Perlindungan Diri Dari Penyakit Menular Hingga Kecelakaan

Menurut Direktur Program Askar Kauny, Hilal Achmad, dalam program jangka panjang, pihaknya akan membangun Rumah Quran dan mushala. "Memang harus direlokasi karena tidak bisa dipakai lagi," ujar Hilal.

Hilal mengungkapkan, Askar Kauny sebelumnya telah memberikan santunan uang duka bagi keluarga yang menjadi korban erupsi Semeru. Bukan hanya santunan duka tapi juga santunan bagi korban luka akibat bencana ini.

Selain itu, dalam jangka panjang, Askar Kauny akan ada pemberdayaan ternak dan tani untuk penyintas bencana Semeru. Bentuknya lebih kepada pembelian hewan ternak dan permodalan untuk bibit dan juga pupuk. "Jazakumullah ahsanal jaza kami haturkan kepada para muhsinin yang terus membersamai kami dalam membantu penyintas Erupsi Semeru," ungkap Hilal. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.