Dark/Light Mode

Dubes Rusia: Propaganda AS Mirip Film Wag The Dog

Jumat, 18 Februari 2022 21:42 WIB
Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva
Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva

 Sebelumnya 
Dia bilang, pertalian sejarah Rusia dan Ukraina memang sangat erat. Kedua negara dulunya merupakan bagian dari Uni Soviet.

Dia menyindir, situasi terkini di wilayah itu sebagai “histeria” dari negara-negara Barat. Vorobieva menambahkan, Presiden Rusia Vladimir Putin sama sekali tidak berniat untuk berperang. Negaranya mencoba melakukan diplomasi. Dia menuding, AS sedang melakukan pengalihan isu dari masalah Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Baca juga : Tinjau Perbaikan Rutilahu di Kuningan, Ridwan Kamil: Mirip Real Estate

“Yang terlihat malah NATO yang agresif meningkatkan infrastruktur militernya di dekat perbatasan kami,” paparnya.

Rusia memang menentang jika Ukraina masuk NATO. “Lembaga itu jadi bisa membawa perlengkapan mereka ke Ukraina yang berbatasan dengan Rusia,” katanya.

Baca juga : Dubes Dimas Wahab Promosikan Bali, Tarian Dan Gamelan Tradisional

Dia malah menyindir, propaganda yang dilakukan AS dan Barat seperti cerita dalam sebuah film berjudul Wag The Dog. Dalam film itu, kata Vorobieva, Departemen Luar Negeri AS membuat informasi dan skenario bahwa perang sedang terjadi.

“Jika belum menonton, saya rekomendasikan film itu untuk anda. Film itu benar-benar mengingatkan saya tentang situasi saat ini,” sindirnya.

Baca juga : Dubes Finlandia Sinkari, Berbagi Resep Bahagia Ke Wali Kota Bogor

Seperti diketahui, Presiden AS Joe Biden berulang kali menggambarkan situasi di Ukraina di ambang peperangan. Biden menyebut bahwa Rusia dapat menyerang Ukraina kapan pun. Termasuk prediksi bahwa Rusia akan menyerang Ukraina pada Rabu (16/2), yang ternyata tidak menjadi kenyataan. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.