Dark/Light Mode

Rayakan 70 Tahun Jadi Anggota NATO, Pasukan Turki No 5 Terkuat

Senin, 21 Februari 2022 23:03 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kanan) dan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg. (Foto Anadolu Agency)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kanan) dan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg. (Foto Anadolu Agency)

 Sebelumnya 
2. Prancis menjadi negara terkuat kedua dalam aliansi NATO. Negara ini memiliki 415 ribu personel militer, dengan 205 ribu orang merupakan personel aktif. Selain itu, Prancis memiliki armada udara sebanyak 1.055, di mana 266 di antaranya merupakan jet tempur. Prancis juga memiliki 406 tank dan 6.558 kendaraan lapis baja. Terkait anggaran pertahanan, Prancis mengeluarkan biaya sebesar 40,9 miliar dolar AS (Rp 583 triliun).

3. Kekuatan militer Inggris masih berada di bawah Prancis. Inggris memiliki 231 ribu personel militer, dengan 194 ribu di antaranya adalah personel aktif. Dari sisi armada udara, Inggris memiliki total 693 pesawat, dengan 119 di antaranya adalah jet tempur.  Angkatan Darat Inggris memiliki 227 tank dan 5.015 kendaraan lapis baja. Selain itu, Inggris memiliki total 75 aset angkatan laut, dengan dua kapal induk dan sepuluh kapal selam. Inggris memiliki anggaran pertahanan sebesar 68 miliar dolar AS (Rp969 triliun).

Baca juga : PR Jokowi, Puasin 25 Persen Rakyat

4. Italia juga masuk ke dalam deret negara terkuat NATO dari sisi militer. Italia memiliki 297 ribu personal militer dan sebanyak 170 ribu di antaranya adalah personel aktif. Italia memiliki total 862 pesawat, dengan 92 di antaranya adalah jet tempur. Italia juga memiliki 200 tank dan 6.908 kendaraan lapis baja.

Selain itu, Italia memiliki total 184 aset armada laut, dengan dua kapal induk dan delapan kapal selam. Dari sisi keuangan, anggaran pertahanan Italia mencapai 29,1 miliar dolar AS (Rp414 triliun).

Baca juga : Baku Tembak Di Bandara Aminggaru Ilaga Papua, Aparat TNI Terluka

5. Turki menjadi negara terkuat kelima dalam aliansi NATO. Turki memiliki 775 ribu personel militer, dengan 425 ribu adalah personel aktif. Turki juga memiliki total 1.057 pesawat, dengan 205 di antaranya adalah jet tempur. Negara ini juga mempunyai 3.022 tank dan 13.270 kendaraan lapis baja. Sementara itu, aset armada laut Turki mencapai 156, di mana 12 di antaranya adalah kapal selam. Namun, Turki tak memiliki kapal induk. Dari segi keuangan, anggaran pertahanan Turki mencapai 9,6 miliar dolar AS (Rp 136 triliun).

Dukung Dialog Rusia Ukraina

Baca juga : Bamsoet Dan Basarah Jadi Anggota Dewan Kehormatan APHTN-HAN

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg via telepon mengucapkan selamat kepada Erdogan karena telah 70 tahun bergabung  dalam NATO. Erdogan juga menyinggung konflik Rusia Ukraina. Dia mengatakan, Turki sejak awal mendukung dialog untuk menyelesaikan konflik Rusia Ukraina.

Ia juga mengungkapkan keinginan Turki untuk menjadi tuan rumah pertemuan tingkat pemimpin atau pertemuan teknis dengan presiden Rusia dan Ukraina. Presiden Turki mengatakan Turki mengharapkan dukungan dan solidaritas yang diperlukan dari sekutu NATO-nya dalam isu-isu seperti perang melawan terorisme. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.