Dark/Light Mode

Lindungi Donbass, Putin: Saya Putuskan Operasi Militer Di Ukraina Timur

Kamis, 24 Februari 2022 12:25 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto Russian Pool/Reuters TV Via Reuters)
Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto Russian Pool/Reuters TV Via Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis (24/2) menyatakan meluncurkan operasi militer di wilayah Donbass, timur Ukraina. Hal ini dilakukan untuk membela milisi pro-Moskow yang berniat memisahkan wilayah itu dari Ukraina.

"Saya telah membuat keputusan operasi militer," katanya Putin dalam pernyataan mengejutkan di televisi sesaat sebelum pukul 6.00 pagi waktu setempat sebagaimana dikutip Associated Press (AP).

Baca juga : Menkominfo Dorong Lahirnya Talenta-talenta Digital Di Nusa Tengara Timur

Sebagai informasi, Donbass terdiri dari 3 provinsi yaitu Donetsk, Luhansk dan Kharkiv. Rusia mendukung pembentukan Republik Donetsk dan Republik Luhansk pada Senin (21/2).

Putin mengatakan tindakannya memerintahkan operasi militer di Dobass sebagai tanggapan atas ancaman yang datang dari Ukraina.

Baca juga : Laris Di Pasar, Paramount Petals Tawarkan Klaster Canna Tahap Tiga

Dia menambahkan, Rusia tidak memiliki tujuan untuk menduduki Ukraina. Putin menekankan, tanggung jawab atas pertumpahan darah terletak pada “rezim” Ukraina.

Tak lama setelah Putin berbicara, ledakan terdengar di Ibu Kota Ukraina, Kiev. Sementara tembakan terdengar di dekat Bandara Boryspil. Demikian disampaikan kantor berita Interfax melaporkan mengutip media lokal.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.