Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk China Djauhari Oratmangun

Pikat Turis Lewat Festival Jelajah Nusantara

Kamis, 23 Mei 2019 06:22 WIB
Duta Besar Indonesia Untuk China Djauhari Oratmangun. (Istimewa)
Duta Besar Indonesia Untuk China Djauhari Oratmangun. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seni dan budaya Indonesia kembali dipamerkan ke mata dunia. Kedutaan Besar Indonesia di Beijing bersama Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di sana mengadakan festival budaya bertajuk ‘Jelajah Nusantara’ akhir pekan lalu. Tarian dan lagu Indonesia berhasil menarik perhatian warga setempat.

Acara ini dimeriahkan grup kesenian asal Jakarta, Gita Nusantara Cemerlang. Setidaknya terdapat tujuh tarian, dua pertunjukan musik dan tiga penampilan lagu dari daerah ditampilkan pada festival ini.

Setidaknya 800 orang yang terdiri dari duta besar negara sahabat, pejabat China, pengusaha, diaspora, media dan WNI di China hadir menikmati acara.

Baca juga : Pamer Perkembangan Islam Di India

“Festival ini mengajak warga China menjelajahi Indonesia, dari Sumatra hingga Papua,” terang Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun, dalam rilisnya, kemarin.

Alunan musik gamelan Jawa membuka acara. Kemudian dilanjutkan dengan tarian tradisional seperti Tari Bajidor Kahot dari Jawa Barat, Tari Burung Enggang yang merupakan kesenian asli Suku Dayak di Kalimantan.

Tari Cupak Gerantang dari Bali, Tari Merak asal Jawa Barat, Tari Lenso dari Maluku. Tari Kinang Kilaras yang merupakan budaya asli Suku Betawi.

Baca juga : Senang Hadiri Undangan Bukber

Festival budaya Jelajah Nusantara merupakan salah satu kegiatan untuk menunjukkan kekayaan seni budaya Indonesia. Digelar bertepatan dengan penyelenggaraan Conference on Dialogue of Asian Civilizations di Beijing.

Festival ini juga bertujuan meningkatkan dialog antar budaya khususnya Indonesia dan China. Djauhari meyakini, penyelenggaraan festival dapat meningkatkan citra Indonesia di China.

Dia berharap acara itu menjadi daya pikat dalam rangka mencapai target wisatawan mancanegara terutama dari China sebanyak 3,5 juta pengunjung di tahun ini. (DAY)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.