Dark/Light Mode

RI Genjot Kerja Sama Pendidikan Dengan AS Lewat Post Doctoral Fellowship

Jumat, 4 Maret 2022 09:09 WIB
Serial webinar Bincang Karya (Bianka) 2022 bersama KBRI Washington DC membahas program post doctoral di Amerika Serikat, secara daring, Selasa, (1/3). (Foto KBRI Washington DC)
Serial webinar Bincang Karya (Bianka) 2022 bersama KBRI Washington DC membahas program post doctoral di Amerika Serikat, secara daring, Selasa, (1/3). (Foto KBRI Washington DC)

 Sebelumnya 
Dikatakan Andin, tahun ini LPDP meningkatkan jumlah award dengan berkolaborasi dengan berbagai kementerian salah satunya Kemdikbud Ristek. Tercatat tahun lalu ada sebanyak 20 postdoc fellow yang berhasil didanai LPDP dan jumlah tersebut meningkat di tahun ini sebanyak 40 award.

Hadir pula pada kesempatan ini Wakil Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Mochammad Ashari. Ia mengatakan sangat mengapresiasi upaya dari semua pihak terkait terselenggaranya webinar edisi postdoc ini.

Baca juga : Teken Kerja Sama, AdMedika Perluas Layanan Kesehatan Ke Surabaya

“Staf akademik atau dosen lulusan kampus Amerika di Indonesia khususnya di perguruan tinggi, kita disebut dengan staf akademik generasi pertama karena mereka studi di tahun 1970an sampai 1980an. Sebagian besar sudah masuk masa pensiun," kata Ashari.

"Sekarang generasi sudah berubah. Kita perlu mencetak kembali staf akademik baru khususnya lulusan Amerika. Kita tahu bahwa perguruan tinggi di Amerika adalah salah satu yang terbaik di dunia,” sambungnya.

Baca juga : Menpora Matangkan Persiapan Asean Para Games XI 2022

Menurut Popy Rufaidah, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Washington, DC yang menjadi pemandu kegiatan menyatakan, sejak diluncurkannya program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, perguruan tinggi di Indonesia lebih terbuka dan secara intensif meningkatkan kerja sama riset dan pendidikan dengan perguruan tinggi luar negeri.

'Kegiatan ini dapat meningkatkan mobilitas dosen, mahasiswa dan dosen tamu internasional dalam meningkatkan riset bersama dan publikasi bersama dengan standar berkelas dunia," tandasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.