Dewan Pers

Dark/Light Mode

Sebut Negara Zionis Sekutu Potensial

MBS Makin Melunak Ke Israel

Sabtu, 5 Maret 2022 06:00 WIB
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. (Foto Arabian News)
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. (Foto Arabian News)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tanda-tanda membaiknya hubungan Arab Saudi dan Israel makin nyata. Arab Saudi blak-blakan menyatakan Israel bukan musuh, melainkan sekutu potensial.

Pernyataan itu dilontarkan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) di tengah tanda-tanda membaiknya hubungan Arab Saudi dan Iran setelah menjalani mediasi sekitar satu tahun.

Berita Terkait : Sebelum Wisuda, UAI Persiapkan Lulusannya Siap Kerja

“Kami berharap konflik antara Israel dan Palestina dapat diselesaikan,” kata sang pangeran dalam wawancara dengan media bulanan Amerika Serikat (AS), The Atlantic, menurut transkrip yang dikeluarkan kantor berita Saudi, Saudi Press Agency (SPA), dilansir Agence France Presse (AFP), kemarin.

“Kami tidak melihat Israel sebagai musuh. Kami melihat mereka sebagai sekutu potensial, dengan banyak kepentingan yang dapat kami kejar bersama. Tetapi kami harus menyelesaikan beberapa masalah sebelum mencapai itu,” ujar pemimpin de facto Arab Saudi berumur 36 tahun itu.

Berita Terkait : NKRI Makin Gagah

Arab Saudi selama ini tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Dalam inisiatif damai yang diusulkan pada 2002, Arab Saudi meminta Israel menghentikan pendudukannya di Palestina dan mengakui kedaulatan dengan Ibu Kota di Yerusalem Timur.

Arab Saudi juga berulang kali mengatakan akan tetap berpegang pada posisi Liga Arab, yang selama puluhan tahun tidak menjalin hubungan resmi dengan Israel sampai konflik dengan Palestina diselesaikan.
 Selanjutnya