Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tua-Muda Tetap Potensial Tularkan Virus Corona

Senin, 17 Januari 2022 08:00 WIB
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Dok Tumisu/Pixabay).
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Dok Tumisu/Pixabay).

RM.id  Rakyat Merdeka - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan, usia tidak menjadi variabel penularan virus Corona dan varian-varian virus Wuhan lainnya. Usia muda dan tua, sama-sama potensial menularkan Covid-19 kepada orang lain.

“Walau terkadang tanpa gejala, orang-orang muda yang terinfeksi dapat berpotensi menularkan virus tersebut pada orang lain yang lebih rentan, seperti orang tua. Tetap waspada dan disiplin protokol kesehatan (prokes) selama beraktivitas,” katanya.

Whoindonesia mengunggah meme seorang pemuda yang mengenakan masker sedang menyapa seorang nenek yang berada di dalam rumah. Disebutkan, berisiko rendah bukan berarti tidak berisiko.

Baca juga : BNI Garap Potensi Transaksi LCS Yen

“Bahkan jika Anda muda dan sehat, Anda dapat tetap terinfeksi & menderita sakit yang parah karena Covid-19,” ujar whoindonesia.

Whoindonesia memberikan tips untuk melindungi diri sendiri d orang lain dari infeksi virus Corona. Yaitu dengan cara: segera divaksin untuk melawan virus Corona, jaga jarak fisik, buka jendela jika memungkinkan, dan kenakan masker.

“Tutup mulut dan hidung saat batuk dan bersin serta jaga kebersihan tangan,” tambah whoindonesia.

Baca juga : Nama Saya Kovid, Tapi Saya Bukan Virus

Netizen mengingatkan kelompok muda dan sehat untuk tidak meremehkan Covid-19. Boleh jadi, kelompok muda dan sehat menjadi carrier atau pembawa virus Corona ke kelompok tua atau rentan serta juga terpapar sakit parah.

Akun @ubaidullah mengingatkan netizen untuk tidak merasa muda dan tidak ada penyakit penyerta. Hal itu penting untuk membuat diri tidak merasa kepedean. Dia menegaskan, usia muda bisa menulari orang lain, dan membahayakan orang tua dan keluarga sendiri.

“Yang muda dan keliatan sehat bisa jadi carrier dan gak sadar menularkan Covid-19 ke orang lain,” ujar @adesidabutar.

Baca juga : Tim Perempuan Terbaik Indonesia Bakal Ramaikan UniPin Ladies Series Season 2

Akun @istiqomah menambahkan. Kata dia, banyak usia muda yang terkena Covid-19 tanpa ada gejala. Di bilang, justru yang tanpa gejala itulah yang merasa aman dan beraktivitas ke mana-mana.

“Sehingga (tanpa sadar) menjadi penular kelompok rentan,” kata dia.

Akun @tey_saja mewanti-wanti kelompok usia muda agar tetap waspada dan disiplin prokes dan tidak lengah. Soalnya, kata dia, Covid-19 seperti undian, ringan gejalanya di satu orang, bisa jadi berat ketika kena orang lain.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.