Dark/Light Mode

Dongkrak Teknologi Militer, Korea Selatan Kucurkan Dana Rp 2,9 Triliun

Minggu, 6 Maret 2022 22:03 WIB
Tank Korea Selatan K9 Thunder dalam latihan di Pocheon, timur laur Seoul, Korea Selatan, 24 Maret 2011.  Dong-A Ilbo/AFP via Getty Images
Tank Korea Selatan K9 Thunder dalam latihan di Pocheon, timur laur Seoul, Korea Selatan, 24 Maret 2011. Dong-A Ilbo/AFP via Getty Images

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Korea Selatan akan menginvestasikan dana 251 miliar won sekitar Rp2.997.090.891.160 untuk memfasilitasi 250 proyek teknologi militer yang dikelola negara. Menurut Kementerian Industri, integrasi teknologi canggih dalam operasi militer akan meningkatkan kemampuan pertahanan.

Melansir Korea Times, 2 Maret 2022, 14 kementerian dan lembaga pemerintah, termasuk Kementerian Perdagangan, Perindustrian dan Energi dan Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA), mengatakan mereka telah mengalokasikan 251 miliar won untuk memajukan 250 proyek tersebut. Naik 19,2 persen dari tahun sebelumnya.

Baca juga : Usung Teknologi Audio Terbaru, Vivan Luncurkan TWS Liberty T600NC

Proyek-proyek termasuk 47 tugas baru merupakan kelanjutan dari inisiatif sebelumnya. Total sekitar 191,3 miliar won akan dihabiskan untuk pengembangan teknologi militer swasta, serta 48,4 miliar won untuk proyek berbagi teknologi antara keduanya.

Selain itu, tujuh proyek akan diberikan pembiayaan sebesar 37,7 miliar won untuk mengembangkan teknologi yang melibatkan pengemudian otonom, robot, virtual reality (VR) dan mixed reality (MR).

Baca juga : Dongkrak Prestasi Timnas, PSSI Mau Gandeng Benfica Dan FC Porto

Adapun dana sebesar 16,6 miliar won akan diinvestasikan dalam delapan proyek, untuk membantu membangun rekam jejak demi menghasilkan teknologi baru di industri pertahanan.

Sementara, sembilan proyek akan diberikan 193 miliar won untuk memajukan teknologi satelit dan proyektil ruang angkasa, sebuah inisiatif yang sangat menantang yang membutuhkan upaya yang intens dan inovatif.

Baca juga : Bantu Warga Terdampak Gempa Pasaman Barat, Kemenag Salurkan Rp 2,35 M

“Kerja sama yang diperkuat antara militer dan swasta akan membantu mempercepat pengembangan teknologi baru yang akan diterapkan untuk meningkatkan daya saing sistem pertahanan negara,” tutup Kementerian Industri.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.