Dark/Light Mode

Dubes Jepang Sowan Ke Wamenhan, Genjot Kerja Sama Pertahanan

Senin, 7 Maret 2022 00:05 WIB
Wamenhan Muhammad Herindra berbincang dengan Dubes Jepang Kenji Kanasugi, di Kementerian Pertahanan, Jakarta. (Foto Kemhan)
Wamenhan Muhammad Herindra berbincang dengan Dubes Jepang Kenji Kanasugi, di Kementerian Pertahanan, Jakarta. (Foto Kemhan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Muhammad Herindra menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi, Rabu (2/3) di Kementerian Pertahanan Jakarta. Mereka membahas peningkatan kerja sama sebagai follow up pertemuan para Menhan tahun lalu.

"Agenda pembicaraan di antaranya mengenai rencana pengadaan alutsista, pertukaran pendidikan, pelatihan dan kerja sama lainnya," keterangan tulis Kemehan. Rabu.

Baca juga : Dubes Jepang Nantikan Skill Pratama Arhan Di Tokyo Verdy

Kemhan menjelaskan, pada 30 Maret 2021, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Menhan Jepang Nobuo Kishi,  menandatangani perjanjian kerja sama Alih Alutsista dan Teknologi yang menandai dimulainya kerja sama antara industri pertahanan Indonesia dan Jepang.

Kesepakatan ini diteken, setelah pertemuan 2+2 dengan Menteri Luar Negeri kedua negara. Sementara, Menhan Jepang Nobuo Kishi saat itu menyampaikan penandatanganan ini membuka fondasi kuat bagi kedua negara untuk menjaga keamanan bersama yang akan mempercepat keputusan ekspor alutsista (alat utama sistem senjata) Jepang ke Indonesia.

Baca juga : Banteng Surabaya Siap Sambut Kedatangan Puan Maharani

Hubungan kerja sama pertahanan antara kedua negara selama ini telah berjalan dengan sangat di bawah payung Memorandum of Cooperation and Exchanges in The Field of Defence, yang ditandatangani kedua Menteri Pertahanan pada 23 Maret 2015 di Tokyo, Jepang.

Kerja sama pertahanan yang terjalin ada bermacam-macam. Pertama, dialog dan konsultasi antara Lembaga Pertahanan, TNI dan Pasukan Bela Diri Jepang, kerja sama peningkatan kapasitas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.