Dark/Light Mode

Masuk Transisi Endemi Per 1 April

Malaysia Izinkan Aktivitas Shalat Di Masjid, Boleh Sahur Di Luar, Resto Buka 24 Jam

Selasa, 8 Maret 2022 18:14 WIB
Masuk Transisi Endemi Per 1 April Malaysia Izinkan Aktivitas Shalat Di Masjid, Boleh Sahur Di Luar, Resto Buka 24 Jam

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri mengumumkan, negaranya mulai memasuki fase peralihan menuju endemi Covid-19 pada 1 April mendatang.

"Ini merupakan exit strategy untuk mengembalikan kita semua pada kehidupan yang hampir normal, setelah dua tahun bergelut melawan Covid," kata Ismail Sabri dalam keterangan pers yang diterima RM.id, Selasa (8/3).

"Ini merupakan fase sementara, sebelum WHO memutuskan dunia sudah memasuki endemi," imbuhnya.

Dalam fase peralihan menuju endemi Covid yang dimulai pada 1 April mendatang, pemerintah Malaysia masih mewajibkan penggunaan masker di tempat umum.

Baca juga : Masih Pandemi, Kang Emil Pilih Shalat Ied Di Masjid Rumah Dinas

Pemilik usaha dibolehkan beroperasi sesuai ketentuan normal.

"Ini bermakna, Anda semua boleh makan di resto setelah jam 12 malam. Terutama, dalam menghadapi bulan Ramadhan yang tidak lama lagi. Anda semua boleh sahur di luar," papar Ismail Sabri.

Penggunaan aplikasi MySejahtera juga masih diwajibkan. Aturan ini hanya dikecualikan di tempat terbuka, yang tidak ramai orang.

"Aktivitas shalat di masjid atau surau, serta upacara sembahyang di tempat ibadah lainnya dibolehkan. Sesuai ketentuan yang berlaku," beber Ismail Sabri.

Baca juga : Muhammadiyah Izinkan Shalat Jamaah Di Masjid, Ini Syaratnya

Dalam fase peralihan menuju endemi, pemerintah Malaysia juga tak lagi membatasi kapasitas karyawan di perkantoran, dengan mempertimbangkan faktor vaksinasi.

Semua warga dibolehkan melintas batas negara bagian, tanpa melihat status vaksinasi.

Sebelum ini, kapasitas orang di tempat ramai dibatasi maksimal 50 persen. Dengan pengumuman transisi ke endemi, batasnya akan dihapus sama sekali. Tidak ada lagi batas kapasitas 50 persen.

"Tapi, jaga jarak sangat penting dan tetap dianjurkan," ujar Ismail Sabri. [HES]

Baca juga : Ahli Epidemiologi UGM Imbau Masyarakat Kurangi Aktivitas Di Luar Rumah

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.