Dark/Light Mode

Penularan Meluas Di Komunitas

Ahli Epidemiologi UGM Imbau Masyarakat Kurangi Aktivitas Di Luar Rumah

Kamis, 24 September 2020 21:58 WIB
Penularan Meluas Di Komunitas Ahli Epidemiologi UGM Imbau Masyarakat Kurangi Aktivitas Di Luar Rumah

RM.id  Rakyat Merdeka - Ahli epidemiologi Universitas Gadjah Mada (UGM) dr Riris Andono Ahmad meminta masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengurangi aktivitas ke luar rumah guna menyikapi indikasi meluasnya penularan Covid-19 di tingkat komunitas.

"Warga Yogyakarta harus mengurangi aktivitas ke luar rumah. Protokol kesehatan harus dipatuhi," katanya di Yogyakarta, Kamis.

Baca juga : BPK Edukasi Masyarakat Soal Akuntabilitas Keuangan Negara

Menurut anggota Tim Perencanaan Data dan Analisis Gugus Tugas Covid-19 DIY ini, indikasi penularan yang meluas di komunitas, di antaranya terlihat dari adanya kasus konfirmasi Covid-19 dengan kategori masih dalam penelusuran kontak kasus.

"Kasus yang sulit ditelusuri mengindikasikan penularan yang meluas di komunitas," kata dia.

Baca juga : Layanan Komunikasi Telkomsel Di Sumatera Berangsur Pulih

Kasus konfirmasi positif yang masuk kategori dalam penelusuran, lanjut dia, menunjukkan bahwa proses pelacakan kontak erat paparannya belum ditemukan.

"Bisa jadi memang akhirnya tidak diketahui sumbernya, atau memang ada beberapa kemungkinan sumber penularan," Kata Riris Andono Ahmad. [WE]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.