Dark/Light Mode

Catat Rekor Kematian Covid-19 Tertinggi Di Dunia, Hong Kong Jumpalitan

Rabu, 9 Maret 2022 07:00 WIB
Pekerja memindahkan mayat orang yang meninggal di kamar mayat di Hong Kong, 4 Maret 2022. (Foto Bloomberg/Bertha Wang)
Pekerja memindahkan mayat orang yang meninggal di kamar mayat di Hong Kong, 4 Maret 2022. (Foto Bloomberg/Bertha Wang)

 Sebelumnya 
Profesor di National University of Singapore yang juga salah satu ketua Koalisi Imunisasi Asia Pasifik, Tikki Pang mengatakan, tingkat kematian tertinggi masih ditemukan pada mereka yang belum divaksin sama sekali.

“Ini adalah penyakit bagi mereka yang belum divaksin. Coba lihat apa yang terjadi di Hong Kong saat ini, sistem layanan kesehatan kewalahan,” kata Dr Pang yang sebelumnya pernah menjadi Direktur Kebijakan Penelitian dan Kerja Sama di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca juga : Jasa Raharja Kebut Penyelesaian Santunan Meninggal Dunia Kurang Dari 1 Hari 10 Jam

“Mayoritas kematian dan gejala paling parah adalah di kalangan mereka yang belum divaksinasi, sebagai bagian paling rentan,” imbuhnya.

Lonjakan infeksi telah melumpuhkan tenaga kerja dalam sistem perawatan kesehatan, transportasi umum, operator mall serta layanan pos, supermarket dan apotek. Banyak restoran dan toko ditutup, distrik utama sangat sepi dan hanya sedikit penduduk yang keluar di lingkungan yang biasanya sibuk.

Baca juga : Waskita Targetkan Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung Rampung Sebelum Lebaran

Ketika penularan dan kematian mencapai rekor tertinggi, Hong Kong telah menerapkan pembatasan. Hong Kong membatasi pertemuan publik lebih dari dua orang dan sebagian besar tempat ditutup. Penerbangan dari mancanegara dilarang, termasuk dari Amerika Serikat dan Inggris. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.