Dark/Light Mode

Kematian Harian Tertinggi Di Masa Omicron, Ini 10 Besar Provinsi Penyumbang Terbanyak

Kamis, 24 Februari 2022 18:47 WIB
Cakupan vaksinasi lansia harus terus ditingkatkan, untuk melindungi dari risiko gejala berat dan kematian akibat Covid-19 pada kelompok usia tersebut. (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Cakupan vaksinasi lansia harus terus ditingkatkan, untuk melindungi dari risiko gejala berat dan kematian akibat Covid-19 pada kelompok usia tersebut. (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kasus kematian akibat Covid di masa varian Omicron, pecah pada hari ini dengan angka 317.

Angka ini mengatrol total kasus meninggal dunia akibat Covid menjadi 147.372, dengan tingkat kematian 2,7 persen.

Baca juga : Nanjak 317, Kasus Kematian Kembali Cetak Rekor Tertinggi Di Masa Omicron

Penambahan kasus kematian harian sebanyak 317, disumbang paling banyak oleh Jawa Timur dengan angka 90. Berikut daftar 10 besar penyumbang kasus kematian akibat Covid terbanyak pada hari ini, Kamis (24/2):

  1. Jawa Timur 90
  2. DKI Jakarta 48
  3. Jawa Tengah 48
  4. Jawa Barat 24
  5. Bali 14
  6. Kepulauan Riau 10
  7. Sulawesi Selatan 9
  8. Lampung 8
  9. DI Yogyakarta 8
  10. Sumatera Selatan 7

Untuk diketahui, pada 2 Februari 2022, jumlah kasus meninggal dunia akibat Covid hanya berjumlah 25. Bisa disimpulkan, dalam tempo 22 hari, jumlah kasus kematian harian melonjak lebih dari 12 kali lipat.

Baca juga : Kriminalitas Tertinggi Di Kongo, Indonesia Rangking 25

Kementerian Kesehatan melaporkan, per 22 Februari 2022, total kematian akibat Omicron telah mencapai 2.484. Dari jumlah tersebut, 46 persen adalah pasien komorbid yang didominasi oleh diabetes, 53 persen lansia,  dan 73 persen belum divaksin lengkap.

Karena itu, pemerintah mengimbau warga terinfeksi Covid yang memiliki komorbid - terutama diabetes - agar segera bergegas ke rumah sakit. Supaya tidak terlambat mendapatkan penanganan. 

Baca juga : Cetak Brace Di Laga Persipura, Beckham Diganjar Pemain Muda Terbaik

Bagi yang belum divaksin, baik primer atau booster, diminta untuk segera melengkapi. Karena vaksin terbukti mampu meringankan gejala berat dan risiko meninggal dunia akibat Covid. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.