Dark/Light Mode

Selambatnya Akhir Tahun Ini

Raksasa Energi Prancis, TotalEnergies Stop Beli Minyak Rusia

Rabu, 23 Maret 2022 08:25 WIB
Kantor Pusat Total Energies di dekat Paris, Prancis. (Foto: Getty Images via CNN)
Kantor Pusat Total Energies di dekat Paris, Prancis. (Foto: Getty Images via CNN)

RM.id  Rakyat Merdeka - TotalEnergies, perusahaan raksasa energi asal Prancis mengumumkan rencananya untuk berhenti membeli minyak dan produk minyak Rusia, selambatnya pada akhir tahun ini.

“Mengingat situasi Ukraina yang terus memburuk dan adanya sumber pasokan alternatif untuk Eropa, TotalEnergeis memutuskan secara sepihak, untuk tidak menandatangani atau memperbarui kontrak apa pun, terkait pembelian minyak dan produk minyak Rusia. Hal ini kami lakukan sesegera mungkin, selambatnya pada akhir tahun 2022,” demikian rilis resmi TotalEnergies, seperti dikutip CNN, Rabu (23/3).

Baca juga : Pemerintah Tidak Panik

Namun, TotalEnergies menyebut, pihaknya akan tetap membeli gas alam dari Rusia. “Tak seperti pasokan minyak, kami masih membutuhkan pasokan gas Rusia hingga 2-3 tahun ke depan,” sebutnya.

Untuk memenuhi kebutuhan minyaknya, TotalEnergies akan memobilisasi dari negara lain. Terutama solar, yang diproduksi oleh kilang Satorp di Saudi Arabia.

Baca juga : Sembako Belum Dongkrak Puan

Kontrak TotalEnergies terhadap minyak Rusia, dilaporkan setara dengan 12 persen dari impor solar Rusia ke Uni Eropa pada tahun 2021. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.