Dark/Light Mode

Survei Capres Masih Milik Prabowo, Ganjar Dan Anies

Sembako Belum Dongkrak Puan

Senin, 10 Januari 2022 07:45 WIB
Paket bantuan Ketua DPR RI Puan Maharani untuk warga miskin dan kurang mampu di Pulau Madura, Jawa Timur. (Foto: Antara/Abd Aziz)
Paket bantuan Ketua DPR RI Puan Maharani untuk warga miskin dan kurang mampu di Pulau Madura, Jawa Timur. (Foto: Antara/Abd Aziz)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon presiden dengan elektabilitas tertinggi untuk Pilpres 2024 masih berkutat pada 3 nama, yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dalam setiap survei, ketiga nama itu masih unggul. Sementara, Ketua DPR Puan Maharani yang akhir-akhir ini gambarnya nempel di paket sembako dan disebar kader banteng ke berbagai daerah masih tetap berada di papan bawah. Apakah sembako belum juga mendongkrak elektabilitas Puan?

Gambaran tingginya elektabilitas capres dari 3 tokoh itu bisa dilihat dari survei terbaru yang dilakukan Indikator Politik Indonesia (IPI). Lembaga yang dipimpin Burhanuddin Muhtadi itu baru saja merilis hasil surveinya, kemarin. Survei dilakukan secara tatap muka pada 6-11 Desember 2021 dengan melibatkan 1.220 responden yang diambil secara acak dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga : Prabowo-Ganjar Tak Terkejar, Anies-Emil Bersaing Ketat

Ada banyak tema yang diambil dalam survei IPI ini. Mulai dari kepercayaan terhadap lembaga negara, tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi, hingga urusan capres. Tentu saja yang menarik dilihat, soal peta politik terkait elektabilitas tokoh di Pilpres 2024.

Apa hasilnya? Dalam simulasi 33 nama capres semi terbuka, Prabowo menempati urutan teratas dengan meraih elektabilitas sebesar 22,4 persen. Sementara Ganjar di urutan kedua dengan meraih 18,0 persen. Sementara Anies di posisi ketiga dengan 15,8 persen.

Baca juga : Eriko Sebar 2.250 Paket Sembako Bergambar Mbak Puan

Ketika nama bursa capres dikerucutkan menjadi 19 calon. Prabowo tetap perkasa di urutan teratas dengan meraih 24,1 persen. Lalu disusul Ganjar 20,8 persen dan Anies 15,1 persen.

Menurut Burhanuddin, pola persaingan di papan atas tingkat elektabilitas capres masih orang-orang itu saja dari waktu ke waktu. “Polanya enggak berubah yakni 3 nama, Prabowo, Ganjar dan Anies,” kata Burhanuddin, dalam konferensi pers secara virtual, kemarin.

Baca juga : Hasil Survei: Mayoritas Pemilih PDIP Pilih Ganjar Pranowo Daripada Puan

Sementara Puan, dalam simulasi 33 nama, hanya berada di urutan 10 dengan elektabilitas sebesar 1,3 persen. Selain kalah dari Ganjar, elektabilitas Puan juga masih berada di bawah kader PDIP lain, Tri Rismaharini yang memperoleh 2,3 persen.

Kendati demikian, Ketua DPR perempuan pertama ini satu tingkat di atas Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang berada di urutan 11, namun dengan elektabilitas yang sama yakni 1,3 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.