Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

500 Juta Dosis Untuk Dunia

Total Sumbangan Vaksin Covid AS Untuk Indonesia, Tembus 35,8 Juta Dosis

Minggu, 3 April 2022 14:36 WIB
Direktur Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) Jeff Cohen (kiri) saat meninjau vaksinasi Covid-19 di Tangerang Selatan. (Foto: Dok. USAID)
Direktur Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) Jeff Cohen (kiri) saat meninjau vaksinasi Covid-19 di Tangerang Selatan. (Foto: Dok. USAID)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tambahan 3,5 juta dosis vaksin Pfizer yang tiba di Jakarta pada hari ini, Minggu (3/4), menggenapi sumbangan vaksin Covid Amerika Serikat (AS) ke Indonesia menjadi 35,8 juta dosis. Serta lebih dari setengah miliar dosis vaksin ke lebih dari 110 negara, di berbagai kawasan dunia.

Hingga 17 Maret, AS telah mengirimkan 500 juta dosis vaksin COVID-19 ke seluruh dunia. Sumbangan ini lebih banyak dibanding negara lain.

Untuk setiap dosis vaksin yang diberikan di AS, hampir satu dosisnya telah dikirim ke luar negeri.

Ini adalah tonggak penting yang dilakukan hanya dalam waktu sembilan bulan. Mewujudkan janji Presiden AS Joe Biden untuk menyumbangkan lebih dari 1,2 miliar dosis vaksin, yang aman dan efektif ke seluruh dunia.

Baca juga : Indonesia Harum Di Mata Dunia

“Vaksin adalah salah satu cara terbaik untuk mengendalikan pandemi ini. Dengan vaksin, kita membantu melindungi satu sama lain dari penularan. Serta kembali aktif dalam dunia yang lebih sehat dan lebih produktif,” kata Jeff Cohen, Direktur Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) di Indonesia dalam keterangannya, Minggu (3/4).

“Amerika Serikat berkomitmen untuk terus menghidupkan semangat solidaritas, dan bermitra dengan rakyat Indonesia, juga mitra-mitra kami. Bersama-sama, kita akan mengalahkan Covid-9," imbuhnya.

Dengan komitmen sebesar 4 miliar dolar AS, Negeri Paman Sam juga merupakan donor terbesar bagi inisiatif global yang ditujukan untuk kesetaraan vaksin (COVAX).

Bekerja sama dengan UNICEF, COVAX telah mengirimkan lebih dari satu miliar dosis vaksin ke negara-negara di seluruh dunia. Termasuk, lebih dari 100 juta dosis untuk Indonesia.

Baca juga : Kasus Covid Di Indonesia Tembus 6 Juta, Kasus Kematian Nambah 104

Tak cuma itu. AS juga memberikan dukungan untuk tempat vaksinasi. Termasuk klinik keliling untuk orang tua dan penyandang disabilitas, sehingga mereka bisa divaksin di halaman rumahnya. Melatih petugas kesehatan, dan mendukung distribusi vaksin hingga ke daerah terpencil. Sehingga, masyarakat Indonesia di semua provinsi memiliki akses terhadap vaksin.

Dengan dukungan USAID, mitra masyarakat sipil juga telah menjangkau puluhan juta orang Indonesia, melalui media sosial dan pesan publik lainnya. Demi mempromosikan vaksinasi, dan melawan informasi yang salah dan disinformasi seputar Covid-19.

Sejak awal pandemi, pemerintahan Biden telah memberikan lebih dari 77 juta dolar AS, untuk mendukung respons Indonesia terhadap Covid-19.

Ini merupakan tambahan dari bantuan kesehatan senilai lebih dari 1 miliar dolar AS, dalam dua dekade terakhir.

Baca juga : AS Donasi Lagi 3,5 Juta Vaksin Covid-19 Untuk Indonesia

Sejak Maret 2020, dukungan AS telah menjangkau lebih dari 194 juta orang di Indonesia. Atau lebih dari dua pertiga jumlah penduduk Indonesia.

USAID telah membantu sekitar 165 ribu petugas kesehatan garis depan. Serta memperkuat lebih dari 1.800 rumah sakit, klinik, dan laboratorium di seluruh Indonesia.

Hingga saat ini, USAID telah memberikan dukungan untuk lebih dari 10 ribu kegiatan vaksinasi.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi usaid.gov/Indonesia atau hubungi USAID Communications Officer di +62 (21) 50831000 atau [email protected][HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.