Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Masjidil Haram Dan Nabawi Gelar Bukber Lagi, 2.000 Donatur Daftar Beri Makanan Gratis

Minggu, 3 April 2022 22:45 WIB
Petugas menata makanan untuk buka puasa di Masjidil Haram, Mekah. (Foto Istimewa)
Petugas menata makanan untuk buka puasa di Masjidil Haram, Mekah. (Foto Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah dua tahun pembatasan karena Covid-19, ritual buka puasa bersama Ramadan serta itikaf kembali digelar di Masjidil Haram, Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Hal ini disambut warga penuh suka cita.

Pihak pengelola dua masjid telah memberikan lebih dari 2.000 izin untuk menyediakan makanan buka puasa gratis bagi jemaah. Bagi beberapa keluarga Saudi, menyediakan makanan buka puasa untuk orang lain merupakan tradisi.

Baca juga : Sabet Gelar Juara, Wakil Aurora BC Kalahkan Pebulu Tangkis Jaya Raya

Shatha Jaylan (30) dari Madinah, mengatakan, dia dan keluarganya telah menyediakan buka puasa selama bertahun-tahun di dekat pintu Al-Rawda.

“Kami telah menyajikan makanan berbuka puasa di (Madinah) selama sembilan tahun di bagian wanita. Ini adalah inisiasi antara ayah dan bibi saya," terang Jaylan.

Baca juga : Indonesia Power Tanam 5.000 Pohon Tanaman Energi

Keluarga-keluarga yang telah mendapatkan izin tersebut mengatakan bahwa mereka mulai mempersiapkan buka puasa dua pekan sebelum Ramadan. Ini kebahagiaan tersendiri bagi mereka. Keluarganyanya menyediakan yoghurt, roti shourik, duggah (campuran bumbu Madinah), berbagai jenis kurma seperti rutab dan sukkari, air zamzam botol, kopi Saudi, dan teh.

“Saya biasa melayani buka puasa untuk pengunjung (masjid) selama tiga tahun. Kami biasa mempersiapkan segala sesuatunya di pagi hari sehingga kami bisa membawa (semuanya ke) masjid di waktu Ashar untuk menghindari jam sibuk,” tuturnya. 

Baca juga : Ingat Ya, ASN Haram Cuti Dan Pergi Ke Luar Daerah Di Masa Libur Nataru

“Sangat penting untuk menyiapkan semuanya agar pengunjung dapat menikmati makanan mereka,” imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.