Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Belanda Mayerfas, Bahas Kontribusi Diaspora Di Bidang Kesehatan

Selasa, 19 April 2022 06:47 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Indonesia
Duta Besar Indonesia untuk Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Belanda Mayerfas membahas kontribusi diaspora Indonesia yang ada di Negeri Kincir Angin, terutama di sektor kesehatan.

Potensi tersebut dibahasnya dalam diskusi virtual bersama Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, yang berjudul Indonesia Memanggil Anak Bangsa, Minggu (17/4).

Baca juga : Dubes RI Untuk Selandia Baru Gelar Pameran Dan Lokakarya Batik Di Napier

Dalam diskusi santai tersebut, Mayerfas mengatakan, kebanyakan diaspora di Belanda ingin memberikan manfaat bagi negeri asal mereka. “Namun, mereka belum tahu bagaimana caranya. Untuk itu kami memandang pertemuan hari ini sesuatu yang memang telah ditunggu dan diharap diaspora,” ujar Mayerfas.

Dia mengungkapkan, ada sekitar 1.500 pelajar Indonesia yang belajar di Belanda, 64 di antaranya mengambil pendidikan bidang kedokteran, pada program master maupun doktoral di berbagai universitas di Belanda. Dalam catatannya, total 19 ribu WNI di Belanda, 1.500 di antaranya pelajar.

Baca juga : Ortu Sabar Ya, Bawa Anak Imunisasi Dasar Dulu Aja

Mayerfas berharap, banyaknya diaspora Indonesia di Belanda akan dapat berkontribusi bagi Indonesia, khususnya di bidang kesehatan.

“Banyak sekali dari kalangan diaspora ini, baik perorangan maupun dalam komunitas atau kelompok yang ingin berkontribusi bagi Indonesia di berbagai bidang kehidupan, termasuk di bidang kesehatan,” pungkasnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.